Syarat Dan Ketentuan

Halaman ini menetapkan syarat dan ketentuan penggunaan Layanan yang disediakan oleh PT Simplefi Teknologi Indonesia sebagai penyelenggara layanan pendanaan bersama berbasis teknologi informasi (“Syarat dan Ketentuan”) untuk Anda. Bacalah Syarat dan Ketentuan dengan hati-hati sebelum Anda mulai mengakses dan/atau menggunakan Layanan kami. Selain Syarat dan Ketentuan ini, semua penggunaan Layanan dan Produk kami harus mematuhi Perjanjian Pendanaan. Kami menyarankan Anda untuk mencetak Syarat dan Ketentuan ini untuk referensi di masa mendatang.

Dengan mengakes dan/atau menggunakan Layanan kami, Anda menyatakan bahwa:

  1. Anda telah membaca, mengerti dan menyetujui untuk terikat secara hukum oleh Syarat dan Ketentuan ini dan dokumen-dokumen sebagaimana dimaksud di dalamnya. 

  2. Setuju untuk terikat oleh dan tunduk pada Syarat dan Ketentuan ini; dan

  3. Mengetahui setiap akibat hukum dari keberlakuan Syarat dan Ketentuan serta konsekuensi hukum atas pelanggaran terhadap Ketentuan.

  4. Jika Anda tidak menyetujui Ketentuan ini, Anda dapat berhenti mengakses dan/atau menggunakan Layanan kami.

  1. DEFINISI

Untuk tujuan Syarat dan Ketentuan ini, istilah yang didefinisikan dalam Pasal ini, dan dimana pun dalam Syarat dan Ketentuan ini, akan memiliki arti sebagai berikut:

  1. “Anda” dengan variasi tata bahasa dan ungkapan yang serumpun, merujuk pada para Pengguna Layanan.

  1. “AwanTunai” mengacu kepada PT Simplefi Teknologi Indonesia, suatu perusahaan yang telah terdaftar pada dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan sebagai Penyelenggara Layanan Pendanaan Bersama Berbasis Teknologi Informasi yang menyediakan, mengelola, dan mengoperasikan Layanan Pendanaan Bersama Berbasis Teknologi Informasi .

  1. “Dampak Materil” adalah dampak nyata yang Anda alami sehubungan dengan tindakan mengubah, memodifikasi, menunda atau menghentikan semua atau setiap bagian dari Layanan oleh Kami;

  1. “Data Pribadi” atau “Data” berarti data tentang orang perseorangan yang teridentifikasi atau dapat diidentifikasi secara tersendiri atau dikombinasi dengan informasi lainnya baik secara langsung maupun tidak langsung melalui sistem elektronik atau nonelektronik. Data Pribadi tersebut baik data yang Anda berikan kepada AwanTunai, data yang terekam karena penggunaan Layanan atau diperoleh dari Pihak Ketiga Terkait meliputi namun tidak terbatas pada nama lengkap, alamat rumah, data usaha seperti namun tidak terbatas pada nama, alamat serta barang usaha, nomor NPWP serta nomor dan foto EKTP, foto diri, alamat rumah dan alamat usaha, nomor handphone, data biometrik, data lokasi, data keuangan dan kredit, data keterangan pribadi lainnya.

  1. “Kami”, dengan variasi tata bahasa dan ungkapan yang serumpun, merujuk pada AwanTunai dan/atau kuasa yang sah dari AwanTunai.

  1. “Kebijakan Privasi” mengacu kebijakan terkait data /informasi Pengguna, termasuk Data Pribadi sebagaimana dapat diproses pada AwanTunai yang merupakan suatu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan dengan Syarat dan Ketentuan.

  1. “Konten Layanan” memiliki arti yang sama sebagaimana ditetapkan dalam pasal 3 butir (g) di bawah.

  1. “Konten Pihak Ketiga” berarti konten yang ditetapkan dalam pasal 13 butir (a) di bawah.

  1. “Para Pengguna” “mengacu pada siapa pun yang mengakses dan/atau menggunakan Layanan apakah orang tersebut terdaftar dalam Layanan atau tidak. Setiap ketentuan dalam  Syarat dan Ketentuan ini berlaku untuk semua pengguna (terlepas dari status registrasi pengguna) atau bisnis dan entitas pengguna lain secara khusus, atau apabila konteksnya menentukan lain, Para Pengguna dianggap mencakup setiap bisnis atau entitas lainnya atas nama Layanan yang diakses oleh Pengguna lain.

  1. “Pemberi Dana” adalah badan usaha atau perorangan yang memberi Pinjaman kepada Penerima Dana melalui AwanTunai.

  1. “Perjanjian Pendanaan” berarti perjanjian tertulis yang memuat mengenai hak dan kewajiban para pihak terkait dengan fasilitas  Pinjaman yang disalurkan oleh AwanTunai.

  1. “Produk” mengacu pada produk Pinjaman AwanTunai yang disediakan untuk Para Pengguna.

  1. “Pinjaman” adalah fasilitas pinjaman dana dari Pemberi Dana sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku yang dapat diakses atau didapat dalam atau melalui Layanan Kami “Situs” mengacu pada website www.awantunai.co.id termasuk semua domain dan sub-domainnya.

  1. “Layanan” adalah layanan jasa keuangan berupa penyediaan Platform oleh AwanTunai untuk mempertemukan Pemberi Dana dengan Penerima Pinjaman dalam rangka melaksanakan kegiatan LPBBTI terkait penyaluran Pendanaan kepada Penerima Dana.

  1. “Layanan Interaktif” memiliki arti yang sama sebagaimana ditetapkan dalam pasal 9 di bawah.

  1. “Layanan Pendanaan Bersama Berbasis Teknologi Informasi” atau “LPBBTI” adalah penyelenggaraan layanan jasa keuangan untuk mempertemukan pemberi dana dengan penerima dana dalam melakukan pendanaan konvensional secara langsung  melalui sistem elektronik dengan menggunakan  internet sebagaimana syarat, ketentuan dan pelaksanaannya diatur dalam POJK No. 10/2022 dan/atau perubahannya dari waktu ke waktu.

  1. “Platform” adalah situs yang dibuat, dimiliki dan dioperasikan oleh AwanTunai yang dapat diakses pada URL www.awantunai.co.id  berikut perubahan URL tersebut dari waktu ke waktu yang dapat berdiri sendiri maupun bekerjasama dengan Pihak Ketiga Terkait dalam penyediaan Layanan yang mana saat ini AwanTunai bekerjasama dengan penyedia marketplace yakni PT Awan Tunai Indonesia dalam platformnya yang bernama AwanToko dan AwanToko Pro.

 UMUM

Apabila terdapat perbedaan dan pertentangan antara Syarat dan Ketentuan dan perjanjian yang mengikat Anda sehubungan dengan penggunaan Layanan, maka yang berlaku adalah ketentuan dalam perjanjian yang berlaku. Segala hal-hal yang tidak bertentangan dengan perjanjian tetap mengikat dan berlaku bagi Anda.

Dalam Syarat dan Ketentuan ini, semua rujukan kepada badan hukum atau individu, adalah juga sebagai merujuk kepada agen yang sah, penerima hak pengalihan, penerus, ataupun kuasa/wakil dari badan hukum atau individu tersebut selama dianggap wajar. Ungkapan bermakna tunggal diartikan sebagai ungkapan bermakna jamak dan sebaliknya;

Tidak ada Hukum (atau interpretasinya) yang menyatakan ambiguitas dalam suatu dokumen diartikan untuk melawan pihak yang mempersiapkan dokumen terkait Syarat dan Ketentuan ini.

Setiap rujukan Hukum, peraturan, undang-undang atau penetapan adalah merujuk pada amandemen dan perubahan peraturan terkait, atau peraturan yang berada di bawah Hukum, peraturan, atau penetapan tersebut.

Judul yang digunakan untuk Syarat dan Ketetuan ini hanya untuk penjelasan dan referensi saja, dan tidak mempengaruhi penafsiran, atau menjadi bahan pertimbangan, dalam interpretasi Syarat dan Ketetuan ini.

  1. PERNYATAAN ANDA 

Anda dengan ini menyatakan dan menjamin bahwa:

  1. Tidak ada materi apapun yang disampaikan melalui akun Anda atau yang diposting atau dibagikan oleh Anda melalui Layanan dan/atau Layanan Interaktif Kami akan melanggar atau menyalahi hak-hak dari pihak ketiga manapun, termasuk hak cipta, merek dagang, privasi, publisitas atau hak-hak kepemilikan atau pribadi lainnya; atau mengandung fitnah, pencemaran nama baik atau materi yang melanggar hukum;

  1. Semua data dan informasi yang Anda berikan kepada AwanTunai (termasuk tetapi tidak terbatas pada informasi data pribadi dan kontak) adalah akurat dan lengkap serta sah diberikan kepada AwanTunai;

  1. Anda merupakan Warga Negara Indonesia yang memiliki pekerjaan berpenghasilan dan/atau merupakan pribadi yang dianggap sah untuk mewakili perusahaan atau badan usaha dalam melakukan kegiatan usahanya;

  1. Dalam hal Anda hendak menggunakan Layanan AwanTunai, Anda berusia minimal 21 tahun dan maksimal 60 tahun, serta memiliki kapasitas hukum, hak, kuasa dan otoritas yang diperlukan untuk menyetujui Syarat dan Ketentuan ini, dan Anda:

  1. mengakses Layanan ini, menggunakan Layanan dan mengadakan perjanjian dalam kapasitas Anda sendiri sebagai pribadi;

  2. mengakses Layanan ini, menggunakan Layanan dan mengadakan perjanjian atas nama entitas perusahaan; dan/atau

  3. berwenang untuk mengikat entitas (Anda sendiri atau entitas perusahaan Anda) atas nama suatu pihak yang dengannya Anda mengadakan kontrak dan entitas tersebut setuju untuk terikat oleh Syarat dan Ketentuan ini.

  1. AwanTunai berhak untuk mengubah, memodifikasi, menunda atau menghentikan semua atau setiap bagian dari Layanan setiap saat, dengan memberikan pemberitahuan kepada Anda dalam hal  terjadi perubahan yang  akan menimbulkan dampak material terhadap Anda. AwanTunai juga dapat menentukan batas pada fitur-fitur tertentu atau membatasi akses Anda ke bagian(-bagian) atau seluruh Layanan.

  1. Kami dapat dari waktu ke waktu memodifikasi atau melakukan perubahan terhadap Syarat dan Ketentuan ini dengan mengunggah atau memposting perubahan Syarat dan Ketentuan ini dan memberitahukan kepada Anda melalui media komunikasi yang telah Anda izinkan, seperi email, nomor telepon selular ataupun pada Platform Kami. Lebih lanjut, perubahan tersebut akan berlaku 30 (tigapuluh) hari setelah Kami mengirimkan pemberitahuan kepada Anda, dengan demikian setiap penggunaan Layanan setelah perubahan Syarat dan Ketentuan ini akan dianggap sebagai penerimaan atas perubahan Syarat dan Ketentuan oleh Anda. Jika Anda tidak setuju pada perubahan Syarat dan Ketentuan, Anda memiliki hak untuk menutup akun dan/atau berhenti menggunakan Layanan. Silahkan pahami perubahan Syarat dan Ketentuan tersebut dari waktu ke waktu karena segala perubahan, variasi dan koreksi yang dilakukan terhadap Syarat dan Ketentuan akan mengikat Anda.

  1. Kami dari waktu ke waktu, dapat memutakhirkan, mengubah, menunda, menghentikan dan/atau mengakhiri (termasuk tetapi tidak terbatas pada setiap perubahan, penghapusan, penggantian dan koreksi) semua konten pada Layanan kami, secara keseluruhan atau setiap bagian, termasuk tetapi tidak terbatas pada karya, tampilan, desain, teks, gambar, grafis, foto, video, perangkat lunak, musik, suara dan file lain, peringkat kredit, tarif, biaya, kuotasi, data historis, grafik, statistik, artikel, dokumen, informasi kontak kami, setiap informasi lain, dan pemilihan dan pengaturannya (“Konten Layanan”). 

  1. AKSES LAYANAN KAMI

  1. Untuk dapat mengakses Layanan Kami, Anda dapat Anda lakukan melalui kanal pendaftaran resmi Kami, yaitu:

  2. Anda bertanggung jawab untuk membuat semua pengaturan yang diperlukan agar Anda memiliki akses ke Layanan Kami.

  1. Perlu diketahui bahwa Internet dapat terkena gangguan, pemadaman transmisi, penundaan transmisi karena lalu lintas Internet atau transmisi data yang salah sebagaimana hal ini melekat pada sifat Internet yang terbuka bagi publik.

  1. Perlu diketahui bahwa akses ke Layanan kami, setiap Layanan dan akun Anda dapat dibatasi atau tidak tersedia selama periode puncak permintaan atau karena alasan lain.

  1. Kami tidak menjamin bahwa Layanan kami atau setiap kontennya akan selalu tersedia atau tidak terganggu. 

  1. KETENTUAN UMUM PINJAMAN

  1. Bunga dan biaya lain: bunga dan biaya lain atas pinjaman yang dikenakan kepada Penerima Dana tergantung kepada Produk AwanTunai yang digunakan ataupun profil resiko Anda berdasarkan penilaian kredit yang AwanTunai lakukan. 

  1. Tanggal Jatuh Tempo: merupakan tanggal terakhir Anda harus membayar pinjaman Anda pada masa pinjaman Anda. Tanggal jatuh tempo ini akan ditentukan oleh AwanTunai sesuai dengan Produk AwanTunai yang Anda gunakan. 

  1. Denda Keterlambatan: merupakan biaya yang dikenakan kepada Penerima Dana dalam hal Penerima Dana gagal membayar hutang pinjamannya pada tanggal jatuh tempo yang telah disepakati.

Sebelum pinjaman dicairkan kepada Anda, Anda akan dirikimkan Perjanjian Pendanaan yang wajib Anda setujui terlebih dahulu, yang mana pada Perjanjian Pendanaan tersebut terdapat ketentuan mengenai bunga dan biaya lain, tanggal jatuh tempo, denda keterlambatan. Dengan menyetujui Perjanjian Pendanaan, maka Anda dianggap telah membaca, memahami, dan menyetujui keseluruhan isi dari Perjanjian Pendanaan tersebut, termasuk mengenai jumalh bunga dan biaya lain, tanggal jatuh tempo dan denda keterlambatan.

  1. KETENTUAN LIMIT PINJAMAN UNTUK PRODUK TERTENTU

  1. Untuk Produk tertentu, dalam hal menurut Penilaian Kredit, Anda dinilai berhak untuk menggunakan Layanan Kami, maka Anda akan mendapatkan limit yang dapat Anda gunakan untuk bertransaksi di toko, partner, atau mitra (“Rekanan”) yang telah bekerjasama dengan Kami ataupun mendapatkan pendanaan atas pencairan limit tersebut.

  1. AwanTunai mempunyai hak penuh untuk melakukan penyesuaian pada limit yang Anda miliki berdasarkan penilaian resiko dari waktu ke waktu.

  1. Anda dalam hal sebagai calon Penerima Dana menyadari bahwa sehubungan dengan pencairan limit tersebut akan tergantung pada persetujuan Pemberi Dana dan tindakan mitigasi risiko yang Kami terapkan untuk mencegah gagal bayar, penipuan atau hal lainnya yang dirasa membahayakan pemenuhan kewajiban Anda.

  1. AwanTunai memiliki hak penuh atas Platform dan berhak untuk melakukan penyesuaian atau mengembangkan Platform dari waktu ke waktu, dalam hal dikemudian hari ditemukan tindak kecurangan, melawan hukum baik pidana ataupun perdata, maka AwanTunai berhak mengambil tindakan yang dianggap perlu, wajar dan tidak melawan hukum seperti namun tidak terbatas pada membekukan limit Anda, menghentikan pemberian pinjaman kepada Anda, menghapuskan dan tidak dapat digunakannya limit Anda, memblokir Anda pada Platform Kami, ataupun tindakan lainnya yang dianggap perlu untuk melindungi Pemberi Dana atau Penerima Dana, dan AwanTunai sendiri. 

  1. KETENTUAN PROMOSI

Sehubungan dengan Layanan Kami, Kami sewaktu-waktu dapat memberikan promosi kepada Pengguna, mohon untuk memahami dan membaca syarat dan ketentuan promosi yang diberikan pada waktu tertentu tersebut.

  1. SYARAT-SYARAT PENGGUNAAN KONTEN DAN PERILAKU SAAT ONLINE

  1. Anda dengan ini menyanggupi untuk:

  1. Mematuhi Syarat dan Ketentuan ini dan pemberitahuan atau pedoman lain yang dapat diposting pada situs, Platform, dan Layanan oleh AwanTunai dari waktu ke waktu (yang dengan ini dimasukkan melalui referensi ke Layanan ini);

  1. Tidak menggunakan setiap Layanan atau Konten Layanan untuk tujuan yang melanggar hukum, dan mematuhi semua hukum dan peraturan daerah, negara, nasional atau internasional yang berlaku;

  1. Tidak mengakses tanpa wewenang, meretas (hack), menghalangi, mengganggu, menonaktifkan, membebani dengan berlebihan atau mengganggu kerja atau tampilan yang layak dari Layanan, yang termasuk tetapi tidak terbatas pada serangan penolakan layanan (denial-of-service), serangan spoof, sesi peretasan, gangguan rekayasa terbalik, pemrograman ulang, atau pemanfaatan setiap teknik framing untuk melampirkan setiap konten atau informasi kepemilikan lainnya;  Semua informasi yang Anda berikan kepada AwanTunai (termasuk tetapi tidak terbatas pada informasi data pribadi dan kontak) adalah akurat dan lengkap;

  1. Tidak memposting materi dan data apapun yang mengandung virus, Trojan horse, worm, time-bomb, keystroke logger, spyware, adware atau kode komputer berbahaya lain atau yang serupa, file atau program yang dirancang untuk menginterupsi, mempengaruhi, merusak atau membatasi fungsionalitas setiap perangkat lunak atau perangkat keras komputer atau peralatan telekomunikasi;

  1. Kecuali jika diizinkan oleh AwanTunai secara tertulis, tidak menggunakan script otomatis, terlibat dalam praktek “screen scraping”, “database scraping” atau aktivitas lain dengan tujuan untuk mendapatkan persetujuan atau informasi lain dari Konten Layanan dan Layanan atau untuk tujuan lain;

  1. Tidak meminta kata sandi (password), mengumpulkan alamat-alamat email atau Data Pribadi lain Para Pengguna dari Konten Layanan dan Layanan melalui alat elektronik atau alat lain untuk tujuan mengirim email yang atau komunikasi atau upaya lain yang tidak diminta untuk mengadakan setiap transaksi pinjaman dengan anggota di luar Layanan, atau setiap tujuan komersial atau melanggar hukum; 

  1. Tidak memposting, atau memastikan pengiriman iklan, permintaan, materi promosi, “junk mail”, “spam”, “chain letters”, dan “pyramid schemes” yang tidak diminta atau tidak sah atau bentuk permintaan apapun lainnya;

  1. Tidak memposting konten apapun yang kami anggap berbahaya, mengancam, memfitnah, melanggar hukum, menghina, menghasut, melecehkan, vulgar, cabul, mengandung penipuan, menyerang privasi atau hak-hak publisitas, kebencian, atau mendiskriminasi ras atau etnis atau yang mungkin ditolak berdasarkan setiap hukum atau kerangka nasional seperti Kode Etik Internet dari Otoritas Pengembangan Media, atau yang dapat mengekspos Para Pengguna atau AwanTunai terhadap setiap kerugian atau kewajiban apapun, atau bertentangan dengan Standar Konten yang ditetapkan di bawah;

  1. Tidak memposting informasi pribadi apapun dari pihak ketiga manapun pada Layanan, termasuk tetapi tidak terbatas pada, alamat, nomor telepon, alamat email, nomor kartu identitas atau Jaminan Sosial dan/atau nomor kartu kredit;

  1. Kecuali jika diizinkan oleh AwanTunai secara tertulis, tidak mendaftar untuk lebih dari satu akun Pengguna, mendaftar untuk satu akun Pengguna atas nama individu selain diri sendiri, mengoperasikan akun Pengguna atas nama atau untuk kepentingan siapapun yang tidak memenuhi syarat untuk mendaftar atau mengoperasikan akun Pengguna dengan nama mereka sendiri, atau mendaftar untuk akun Pengguna atas nama kelompok atau entitas;

  1. Memperlakukan sebagai rahasia setiap kode identifikasi pengguna, password atau bagian lain dari informasi sebagai bagian dari prosedur pengamanan kami;

  1. Tidak berkedok sebagai siapapun atau entitas manapun, atau dengan salah menyatakan atau salah dalam menggambarkan diri Anda, umur Anda atau afiliasi Anda dengan atau wewenang untuk bertindak atas nama siapapun atau entitas manapun, atau membuat identitas palsu pada Layanan;

  1. Tidak mengintimidasi, melecehkan atau membahayakan Pengguna atau pihak lain atau mencoba melakukannya dengan cara apapun;

  1. Tidak mereproduksi, menduplikasi, menyalin atau menjual kembali bagian manapun dari Konten Layanan dan Layanan kami bertentangan dengan Syarat dan Ketentuan ini; 

  1. setiap bagian Layanan kami;

  2. setiap peralatan atau jaringan di mana Layanan disimpan;

  3. setiap perangkat lunak yang digunakan dalam penyediaan Layanan kami; atau

  4. setiap peralatan atau jaringan atau perangkat lunak yang dimiliki atau digunakan oleh pihak ketiga manapun.

  1. Tidak mengungkapkan atau menggunakan informasi tersebut untuk tujuan apapun selain untuk menilai kelayakan kredit Para Pengguna lain walaupun Anda dapat meninjau informasi pribadi atau bisnis (termasuk data kredit) yang diposting oleh Para Pengguna lain pada Layanan;

  1. Anda menyetujui bahwa AwanTunai dapat memanfaatkan dan/atau memberikan informasi pribadi milik Anda kepada pihak lain untuk mendapatkan informasi mengenai status kolektibilitas, riwayat kredit dan informasi keuangan lainnya sehingga perusahaan dapat menilai kelayakan permohonan pinjaman oleh calon penerima pinjaman. Informasi pribadi milik Anda akan disimpan oleh pihak penyelenggara informasi kredit selama berlakunya kerjasama antara AwanTunai dengan pihak penyelenggara informasi tersebut.

  1. Dengan memposting Konten Anda sebagai Pengguna ke bagian manapun dari Layanan, Anda secara otomatis memberikan, dan Anda menyatakan dan menjamin bahwa Anda memiliki hak untuk memberikan, kepada AwanTunai suatu lisensi (dengan hak untuk mensublisensikan) yang tidak dapat dibatalkan, abadi, non-eksklusif, dapat dipindahkan, dibayar penuh, di seluruh dunia untuk menggunakan, menyalin, mengadakan, menyimpan, mereproduksi, berkomunikasi, mempublikasikan, mempertunjukkan ke publik, menampilkan ke publik, mengubah, memformat, menerjemahkan, mengutip (secara keseluruhan atau sebagian) dan mendistribusikan Konten Pengguna tersebut untuk tujuan apapun atau sehubungan dengan Layanan, Layanan atau pengoperasian, peningkatan, promosi daripadanya, untuk mempersiapkan karya turunan dari, atau menggabungkan ke dalam karya lain, Pengguna Konten tersebut, dan untuk memberikan dan menyerahkan sublisensi dari yang disebutkan sebelumnya itu. Anda dapat menghapus Konten Pengguna Anda dari Layanan setiap saat. Jika Anda memilih untuk menghapus Konten Layanan Anda, lisensi yang diberikan di atas tidak akan berakhir.

  1. Anda juga memberikan setiap Pengguna lisensi non-eksklusif untuk mengakses Konten Pengguna Anda melalui Layanan, dan menggunakan, mereproduksi, mendistribusikan, menampilkan dan mempertunjukkan Konten Pengguna Anda sebagaimana diizinkan melalui fungsi Layanan dan berdasarkan Syarat dan Ketentuan ini.

  1. Anda mengakui dan menyetujui bahwa setiap pertanyaan, komentar, saran, ide, umpan balik atau informasi lain tentang Layanan (“Penyerahan”), yang diberikan oleh Anda kepada AwanTunai bersifat tidak rahasia dan menjadi milik AwanTunai. Kami akan memiliki hak eksklusif, termasuk semua hak atas kekayaan intelektual, dan berhak atas penggunaan dan penyebaran yang tak terbatas atas Penyerahan ini untuk tujuan komersial apapun atau lainnya, tanpa pengakuan atau kompensasi kepada Anda.

  1. Kami berhak untuk menonaktifkan akun Anda, setiap kode identifikasi pengguna atau kata sandi, apakah yang dipilih oleh Anda atau diberikan oleh kami, setiap saat, apabila Anda gagal untuk mematuhi isi dari Syarat dan Ketentuan ini.

  1. Semua Konten Layanan adalah karya cipta dari AwanTunai atau penyedia konten atau perangkat lunaknya, dan AwanTunai melindungi dan menguasai semua hak di Konten Layanan tersebut. Penggunaan beberapa Konten Layanan dapat diatur oleh ketentuan-ketentuan perjanjian lisensi pengguna akhir yang mendampinginya.

  1. Jika Anda mengetahui atau mencurigai bahwa orang lain selain Anda mengetahui kode identifikasi pengguna atau kata sandi Anda, Anda harus segera memberitahukan Kami. 

  1. STANDAR KONTEN

  1. Setiap dan semua informasi (termasuk tetapi tidak terbatas pada semua informasi pribadi atau bisnis, peringkat kredit, profil, pesan, catatan, teks, informasi, musik, video, foto, gambar, citra, informasi kontak untuk Anda atau lainnya, iklan atau konten lain), atau setiap bagian daripadanya, yang Pengguna kontribusikan, unggah, simpan, publikasikan, sediakan, tampilkan, sampaikan, transmisikan atau bagikan dengan Para Pengguna lain (selanjutnya disebut “posting”) pada atau melalui situs, Platform, Layanan dan/atau setiap Layanan Interaktif kami (secara kolektif disebut “Konten Pengguna”) harus mematuhi Syarat dan Ketentuan ini, dan khususnya, semangat dan standar surat yang ditetapkan dalam pasal ini (“Standar Konten”) dan poin 7 di atas.

  1. Konten pengguna harus  

  1. akurat (apabila menyatakan fakta);

  2. benar-benar diyakini (apabila menyatakan pendapat); dan 

  3. mematuhi hukum yang berlaku di Indonesia dan di negara manapun tempat konten itu diposting.

  1. Selain itu, Konten Pengguna tidak dapat: 

  1. mengandung materi apapun yang mencemarkan nama baik siapapun;

  2. mengandung materi apapun yang cabul, menghina, membenci atau menghasut;

  3. mempromosikan materi seksual secara eksplisit;

  4. mendorong kekerasan;

  5. mendorong diskriminasi berdasarkan ras, jenis kelamin, agama, kebangsaan, kecacatan, orientasi seksual atau usia;

  6. melanggar hak atas kekayaan intelektual (termasuk tetapi tidak terbatas pada hak cipta, hak basis data atau merek dagang) dari orang lain;

  7. memiliki kecenderungan untuk menipu orang lain;

  8. dibuat dengan pelanggaran terhadap kewajiban hukum yang dimiliki kepada pihak ketiga, seperti kewajiban kontraktual atau kewajiban kerahasiaan;

  9. mendorong kegiatan ilegal apapun;

  10. mengancam, menyalahgunakan, melanggar privasi orang lain, atau menyebabkan gangguan, ketidaknyamanan atau kecemasan yang tak berguna; 

  11. cenderung melecehkan, mengganggu, memalukan, mengkhawatirkan, menjengkelkan orang lain;

  12. digunakan untuk berkedok sebagai siapapun, atau salah dalam menggambarkan identitas Anda atau affiliasi dengan siapapun;

  13. memberikan kesan bahwa hal itu berasal dari kami, jika hal ini tidak terjadi; atau

  14. menganjurkan, mendorong atau membantu tindakan melanggar hukum (seperti dengan cara misalnya saja) pelanggaran hak cipta atau penyalahgunaan komputer.

  1. Anda sendiri bertanggung jawab atas posting Konten Pengguna oleh Anda, dan Anda menjamin bahwa semua Konten Pengguna itu patuh terhadap Syarat dan Ketentuan, Standar Konten dan pasal 3 di atas dan Anda akan bertanggung jawab kepada kami dan mengganti kerugian kami atas setiap kerusakan atau kerugian yang disebabkan kepada kami yang timbul dari setiap pelanggaran dari jaminan tersebut.

  1. Anda memahami dan menyetujui bahwa kami dapat, tetapi tidak berkewajiban untuk, meninjau dan menghilangkan atau menghapus (tanpa pemberitahuan) setiap Konten Pengguna yang menurut kewenangan kami, dan untuk alasan apapun, termasuk, tidak terbatas pada Konten Pengguna yang menurut penilaian dari AwanTunai melanggar Syarat dan Ketentuan ini.

  1. Kami juga berhak untuk mengungkapkan identitas Anda ketika diminta melakukannya untuk setiap alasan yang sah menurut hukum atau ketika setiap Konten Pengguna yang diposting atau diunggah oleh Anda ke Layanan kami merupakan pelanggaran terhadap hak atas kekayaan intelektual milik pihak ketiga, atau hak privasi mereka.

  1. Kami tidak akan bertanggung jawab, atau berkewajiban kepada pihak ketiga manapun, atas konten atau akurasi dari Konten Pengguna apapun yang diposting oleh Anda atau Pengguna lainnya di Layanan kami. Pandangan yang diungkapkan oleh Para Pengguna lain di Layanan kami tidak mewakili pandangan atau nilai kami.

  2. Konten Pengguna dapat termasuk Data Pribadi (termasuk data kredit) yang diposting oleh atau berkaitan dengan Para Pengguna lain di Layanan dan Anda tidak berwenang untuk mengungkapkan atau sebaliknya menggunakan informasi tersebut untuk tujuan apapun selain menilai kelayakan kredit dari Para Pengguna lain. Anda tidak dapat mereproduksi Data Pribadi apapun (termasuk data kredit). Selanjutnya, Anda menyatakan dan menjamin bahwa: (i) Anda tidak memiliki kemampuan untuk mencocokkan Data Pribadi apapun (termasuk data kredit) yang diposting atau berkaitan dengan Para Pengguna lain untuk mengidentifikasi individu manapun; (ii) Anda tidak akan berusaha untuk memperoleh data yang memungkinkan Anda mencocokkan Data Pribadi apapun (termasuk data kredit) yang diposting oleh atau berkaitan dengan Para Pengguna lain untuk mengidentifikasi individu manapun; (iii) Anda tidak akan menerima setiap informasi dari pihak ketiga manapun yang mengizinkan pencocokkan tersebut; dan (iv) Anda tidak akan membuat pencocokkan tersebut.

  1. HAK ATAS KEKAYAAN INTELEKTUAL

  1. Hak cipta, paten, merek dagang, desain terdaftar dan semua hak atas kekayaan intelektual pada Layanan, Layanan dan Konten Layanan ataupun Platform termasuk tetapi tidak terbatas pada hak cipta dalam gabungan dari semua Konten Pengguna, adalah milik dan tetap merupakan hak AwanTunai.

  1. AwanTunai, gambar grafis, logo, desain, header halaman, ikon, tulisan dan nama layanan milik AwanTunai (secara kolektif disebut “Merek”) yang ditampilkan pada Layanan ini adalah aset dari AwanTunai dan semua Merek secara tegas dilindungi oleh AwanTunai atau pihak ketiga yang relevan. Akses Anda dan/atau penggunaan Konten Layanan dan Layanan tidak dapat dianggap sebagai pemberian, melalui implikasi, larangan menarik kembali suatu janji (estoppel) atau lainnya, setiap lisensi atau hak untuk menggunakan Merek Dagang apapun yang ada pada Layanan apabila digunakan tanpa persetujuan tertulis terlebih dahulu dari AwanTunai atau para pihak ketiga yang relevan, dianggap tidak sah dan melanggar ketentuan hukum.

  1. Anda tidak diizinkan untuk menggunakan Merek apapun tanpa persetujuan terlebih dahulu dari AwanTunai atau pihak ketiga tersebut. AwanTunai dan anak perusahaan kami secara masif menggunakan hak kekayaan intelektual kami sepanjang diizinkan oleh hukum sepenuhnya. Nama AwanTunai dan Merek lain tidak dapat digunakan dengan cara apapun, termasuk dalam setiap iklan atau publisitas, atau sebagai hyperlink tanpa izin tertulis terlebih dahulu dari AwanTunai.

  1. Nama domain di mana Layanan berada adalah mutlak milik AwanTunai dan Anda tidak dapat menggunakan dan/atau mengadopsi nama serupa untuk penggunaan Anda sendiri.

  1. Dengan ketentuan bahwa Anda berhak menggunakan Layanan, Anda diberikan lisensi terbatas untuk mengakses dan menggunakan Layanan dan untuk mengunduh atau mencetak salinan dari bagian manapun dari Konten Layanan semata-mata untuk penggunaan Anda pribadi sehubungan dengan penggunaan Anda atas Konten Layanan atau Layanan, dengan ketentuan bahwa Anda memelihara semua hak cipta atau pemberitahuan kepemilikan lengkap lainnya. Status kami (dan bahwa dari setiap kontributor yang diidentifikasi) sebagai penulis konten pada Layanan kami harus selalu diakui. Namun, Anda tidak harus mengubah salinan kertas atau digital dari setiap materi yang Anda telah cetak atau unduh dengan cara apapun, dan Anda tidak harus menggunakan setiap ilustrasi, foto, video atau audio secara berurutan atau gambar grafis secara terpisah dari teks apapun yang menyertainya.

  1. Lisensi ini dapat kami batalkan, setiap saat tanpa pemberitahuan atau alasan. Setiap penggunaan Layanan atau Konten Layanan tanpa izin tertulis terlebih dahulu dari AwanTunai, selain yang secara khusus diberikan wewenang dalam Syarat dan Ketentuan ini, sangat dilarang dan lisensi yang diberikan dalam Syarat dan Ketentuan ini harus diakhiri. Penggunaan tidak sah tersebut juga dapat melanggar hukum yang berlaku (baik hukum menurut peraturan perundang-undangan maupun preseden hakim dalam putusan pengadilan terhadap kasus terkait pelanggaran hak kekayaan intelektual) termasuk tetapi tidak terbatas, undang-undang hak cipta dan merek dan peraturan dan undang-undang komunikasi yang berlaku, dan dapat mengakibatkan diajukannya tuntutan hukum terhadap Anda.

  1. Jika Anda menggunakan Merek, Konten Layanan dan/atau Layanan dengan melanggar Syarat dan Ketentuan ini, hak Anda untuk menggunakan Merek, Konten Layanan dan/atau Layanan akan diberhentikan segera dan Anda harus, menurut kebijaksanaan kami, mengembalikan atau memusnahkan setiap salinan materi yang Anda telah buat agar dengan harapan di kemudian hari tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan yang berpotensi menimbulkan gugatan hukum terhadap peristiwa hukum yang timbul.

  1. LAYANAN INTERAKTIF

  1. Kami dapat dari waktu ke waktu menyediakan layanan-layanan berikut di Konten Layanan atau Layanan kami, termasuk tetapi tidak terbatas, pada ruangan obrolan, papan buletin, dan media sosial lainnya.

  1. Apabila kami menyediakan setiap Layanan Interaktif, kami akan menyediakan informasi yang jelas kepada Anda tentang jenis layanan yang ditawarkan, jika untuk layanan ada moderatornya, dan bentuk moderasi apa yang digunakan (termasuk apakah dilakukan oleh manusia atau lainnya).

  1. Kami akan melakukan upaya-upaya yang wajar secara komersial untuk menilai setiap potensi risiko terhadap Para Pengguna dari para pihak ketiga ketika mereka menggunakan setiap Layanan Interaktif yang disediakan di Layanan kami, dan kami akan memutuskan dalam setiap hal apakah tepat untuk menggunakan moderasi dari layanan yang relevan tersebut (termasuk jenis moderasi yang digunakan) dalam menangani risiko-risiko tersebut. Namun, kami tidak berkewajiban untuk mengawasi, memantau atau memoderasi setiap Layanan Interaktif yang kami sediakan di Layanan kami, dan kami dengan tegas mengecualikan kewajiban kami atas setiap kerugian yang timbul dari penggunaan Layanan Interaktif oleh Pengguna yang bertentangan dengan standar konten, terlepas apakah layanan itu dimoderasi atau tidak.

  1. Jika kami memoderasi Layanan Interaktif, kami biasanya akan menyediakan sarana untuk menghubungi moderator, apabila muncul masalah atau kesulitan.

  1. Anda bertanggung jawab secara mutlak atas interaksi Anda dengan Para Pengguna lain. Kami melindungi hak Anda sebagai Pengguna Layanan Kami, tetapi Kami tidak berkewajiban secara penuh terhadap sengketa antara Anda dan Para Pengguna lain.

  1. KERJASAMA DENGAN REKANAN

Layanan Kami dapat digunakan sebagaimana pembiayaan bagi Anda untu bertransaksi pada Rekanan Kami yang pada platform AwanToko dan AwanToko Pro yang dimiliki oleh PT Awan Tunia Indonesia, dengan demikian Anda menyadari bahwa layanan yang disediakan oleh Rekanan Kami tersebut, termasuk barang dan/atau jasa yang disediakan pada platform Rekanan Kami ataupun harga barang/jasa tersebut bukan merupakan tanggung jawab Kami, dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab dari Rekanan Kami.

  1. SITUS YANG TERHUBUNG MELALUI TAUTAN 

  1. AwanTunai dapat menyediakan link ke situs-situs lain yang dimiliki, dioperasikan atau disediakan oleh para pihak ketiga (“Situs Pihak Ketiga”), serta desain, teks, gambar grafis, foto, gambaran, gambar, video, perangkat lunak, musik, suara dan file lain, peringkat kredit, tarif, biaya, kuotasi, data historis, bagan, statistik, artikel, sumber-sumber lain, informasi dan konten milik atau yang berasal dari para pihak ketiga (“Konten Pihak Ketiga”) sepanjang diperbolehkan oleh peraturan perundang-undangan yang berlaku.

  1. AwanTunai tidak memiliki kendali atas, dan tidak betanggung jawab atas konten di situs Pihak Ketiga atau setiap kerusakan terhadap Anda yang mungkin timbul dari situs Pihak Ketiga (termasuk tetapi tidak terbatas pada, virus, spyware, malware, worm, kesalahan atau kerusakan materi yang terkandung dalam situs Pihak Ketiga) atau ketersediaan dari konten apapun pada situs Pihak Ketiga, dan Anda dengan ini mengesampingkan setiap tuntutan terhadap kami sehubungan dengan situs Pihak Ketiga.

  1. PERNYATAAN PENOLAKAN TANGGUNG JAWAB (DISCLAIMER) 

  1. AwanTunai tidak menjamin bahwa fungsi-fungsi yang terkandung dalam atau akses pada Layanan atau Konten Layanan atau konten lain akan tepat waktu, tanpa gangguan atau bebas dari kesalahan atau tanpa kelalaian, kerusakan tersebut akan diperbaiki atau bahwa Layanan, Konten Layanan atau Server yang bebas virus atau komponen berbahanya lain, atau pengunduhan, instalasi atau penggunaan setiap Konten Layanan dalam atau dengan komputer apapun tidak akan mempengaruhi fungsi atau kinerja komputer. Anda, dan bukan AwanTunai, harus menganggap semua biaya dari servis, perbaikan, atau pembetulan, termasuk setiap kerusakan, masalah atau kerugian di komputer manapun yang digunakan untuk mengakses Layanan. Anda setuju tidak membuat AwanTunai bertanggung jawab atas kerugian dari salah satu Konten Pengguna Anda yang disebabkan keadaan apapun di luar kendali AwanTunai.

  1. AwanTunai juga tidak menjamin atau menjanjikan hasil tertentu dari penggunaan Layanan untuk mendapatkan pinjaman

  1. Konten Layanan dan Layanan kami adalah untuk diedarkan secara umum dan keperluan informasi saja dan: 

  1. tidak dianggap atau ditafsirkan, dalam keadaan apapun, sebagai penawaran atau ajakan untuk menjual, membeli, memberi, mengambil, menerbitkan, menjatah atau mentransfer, atau sebagai pemberian saran apapun sehubungan dengan pendanaan, pinjaman, uang muka, kredit, deposit, efek, saham, efek, obligasi, wesel, bunga, perwalian pendanaan unit (unit trust), reksa dana atau jaminan lain dengan instrumen atau produk lain, di yurisdiksi apapun, atau menyediakan pendanaan atau saran lainnya untuk setiap individu atau entitas; dan

  2. AwanTunai tidak memeriksa, mempertimbangkan atau menilai Konten Layanan dan Layanan kami dalam kaitannya dengan individu atau entitas tertentu, di mana pun berada

  1. Anda harus mendapatkan saran dari profesional atau spesialis independen mengenai kesesuaian Produk Produk) atau Layanan-Layanan), dengan mempertimbangkan tujuan, situasi dan kebutuhan pendanaan, bisnis, keuangan atau komersial Anda sebelum mengambil tindakan atas dasar Konten Layanan dan Layanan kami. Apabila Anda memilih untuk tidak meminta saran tersebut, Anda harus mempertimbangkan dengan hati-hati apakah Produk(-Produk) atau Layanan (-Layanan) cocok untuk Anda mengingat situasi, sumber daya keuangan dan seluruh program pendanaan Anda.

  1. PEMBATASAN TANGGUNG JAWAB KAMI

  1. Sebagai tambahan dan tanpa mengurangi setiap hak atau pemulihan yang AwanTunai mungkin dapatkan (berdasarkan hukum atau lainnya dalam yurisdiksi yang relevan), AwanTunai tidak akan, sepanjang sepenuhnya diizinkan oleh hukum, bertanggung jawab atas apapun kepada setiap Pengguna yang mengakses Konten Layanan, Layanan, Konten Pengguna, Konten Pihak Ketiga dan situs Pihak Ketiga kami sehubungan dengan setiap atau semua kerugian, kerusakan, klaim, kewajiban, ongkos, biaya dan/atau pengeluaran, termasuk keuntungan atau kesempatan (yang potensial atau sebenarnya) yang mungkin didapatkan atau kerugian dan/atau biaya hukum atas dasar pemberian ganti rugi secara penuh, yang bersifat apapun dan bagaimana pun timbulnya (termasuk tetapi tidak terbatas pada Kerugian yang diduga timbul dari pelanggaran kontrak, kesalahan (termasuk perbuatan melawan hukum), pelanggaran kewajiban berdasarkan undang-undang, atau lainnya) (“Kerugian”), bahkan jika dapat diduga atau jika AwanTunai telah disarankan tentang kemungkinan Kerugian tersebut. AwanTunai tidak akan bertanggung jawab atas setiap kerugian yang timbul dari atau sehubungan dengan: 

  1. akses, penggunaan, ketidakmampuan untuk menggunakan atau tidak tersedianya akses dari Konten Layanan, Layanan, Konten Pengguna, Konten Pihak Ketiga dan situs Pihak Ketiga kami, untuk alasan apapun;

  1. setiap kegagalan kinerja, sistem, server atau kegagalan koneksi, kesalahan, kelalaian, gangguan, pelanggaran keamanan, virus komputer, kode berbahaya, penghancur atau perusak, program agen atau macro, kerusakan, penundaan dalam operasi atau transmisi atau kesalahan transmisi sehubungan dengan akses Anda ke Konten Layanan, Layanan, Konten Pengguna, Konten Pihak Ketiga dan situs Pihak Ketiga kami;

  1. virus apapun, serangan penolakan layanan (denial-of-service) yang didistribusikan, atau materi yang secara teknologi berbahaya yang dapat menginfeksi peralatan komputer, program komputer, data atau materi kepemilikan lain Anda karena penggunaan dan/atau akses Anda atas dan/atau pada Konten Layanan, Layanan, Konten Pengguna, Konten Pihak Ketiga dan situs Pihak Ketiga atau posting dari setiap konten Anda di Layanan tersebut, atau pada setiap website yang dihubungkan melalui link dengannya;

  1. setiap kerugian atau kerusakan yang timbul dari atau sehubungan dengan setiap Peristiwa Keadaan Memaksa; dan 

  1. setiap pengungkapan data dan/atau informasi yang disyaratkan sah oleh setiap hukum atau peraturan yang berlaku

  1. Perlu diketahui bahwa pada khususnya, jika Anda terdaftar sebagai pengguna bisnis, Kami tidak akan bertanggung jawab atas semua: 

  1. hilangnya keuntungan, penjualan, bisnis atau pendapatan;

  2. gangguan bisnis;

  3. hilangnya tabungan yang sudah diantisipasi; atau

  4. hilangnya peluang bisnis, goodwill atau reputasi.

  1. Menyimpang dari hal yang bertentangan dalam Syarat dan Ketentuan ini, dan sepanjang dizinkan oleh hukum yang berlaku, tanggung jawab AwanTunai kepada Anda untuk alasan apapun dan terlepas dari bentuk tindakannya akan selalu dibatasi dalam hal jumlah yang dibayarkan, jika ada, oleh Anda kepada AwanTunai untuk Layanan selama jangka waktu Anda sebagai Pengguna yang terdaftar. Anda mengakui bahwa jika tidak ada biaya yang dibayarkan kepada AwanTunai untuk Layanan, kecuali jika diizinkan oleh hukum, Anda tidak berhak atas ganti rugi apapun dari AwanTunai, terlepas dari penyebab tindakan.

  1. PENGGUNAAN DATA & PRIVASI

Harap tidak mengirimkan setiap Data Pribadi atau data tanpa membaca terlebih dahulu Kebijakan Privasi kami yang menjelaskan penggunaan data dan penerapan privasi Kami secara terperinci.

  1. KONSEKUENSI

Apabila Kami meyakini bahwa Anda telah melanggar atau bertindak tidak sesuai dengan Syarat dan Ketentuan ini, Kami dapat mengambil tindakan sebagaimana Kami anggap sesuai, termasuk tetapi tidak terbatas pada tindakan-tindakan berikut ini: 

  1. Pemblokiran

  1. “Pemblokiran” adalah penonaktifan Layanan Kami untuk Anda untuk jangka waktu tertentu. Pemblokiran akun dapat terjadi karena salah satu atau lebih hal-hal berikut ini:

    1. Anda meminta Kami untuk melakukan Pemblokiran untuk tujuan keamanan atau tujuan lainnya. Dalam hal Anda meminta sendiri Pemblokiran, Anda akan melalui prosedur verifikasi untuk membuktikan bahwa permintaan Pemblokiran memang terbukti dari Anda selaku pemilik akun yang sah. Atas permintaan Pemblokiran, Kami akan melakukan tinjauan dan verifikasi atas permintaan tersebut, dan atas kebijakan dan pertimbangan Kami, Kami akan memutuskan untuk melakukan Pemblokiran atau tidak.

  1. Kami harus melakukan Pemblokiran untuk keamanan Anda karena terdapat indikasi terjadinya insiden keamanan.

  1. Kami mendapatkan perintah dari otoritas, instansi, atau pengadilan yang berwenang, atau peraturan perundang-undangan yang berlaku untuk melakukan Pemblokiran akses Anda kepada Layanan Kami.

  1. Kami menemukan indikasi bahwa akses Layanan Kami yang Anda gunakan, digunakan untuk melakukan suatu tindakan yang merupakan pencucian uang, pendanaan terorisme, atau tindakan pelanggaran atas peraturan perundang-undangan yang berlaku, ATAU indikasi bahwa Anda melakukan suatu tindakan yang merupakan pencucian uang, pendanaan terorisme, atau tindakan pelanggaran atas peraturan perundang-undangan yang berlaku.

  1. Kami menemukan indikasi bahwa Layanan Kami digunakan untuk melakukan suatu tindakan yang merupakan pelanggaran atas ketentuan-ketentuan yang diatur dalam Syarat dan Ketentuan ini atau tindakan penyalahgunaan, ATAU indikasi bahwa Anda melanggar salah satu atau lebih ketentuan-ketentuan yang diatur dalam Syarat dan Ketentuan ini atau melakukan tindakan penyalahgunaan.

  1. Akses Layanan Kami yang Anda gunakan terbukti telah digunakan untuk melakukan suatu tindakan yang merupakan pelanggaran atas satu atau lebih ketentuan-ketentuan yang diatur dalam Syarat dan Ketentuan ini atau tindakan penyalahgunaan, ATAU Anda terbukti telah melanggar salah satu atau lebih ketentuan-ketentuan yang diatur dalam Syarat dan Ketentuan ini atau melakukan tindakan penyalahgunaan.

  1. Kami menemukan indikasi bahwa Layanan Kami digunakan untuk suatu pelanggaran atas peraturan perundang-undangan yang berlaku atau pelanggaran atas kepentingan pihak lain manapun, ATAU indikasi bahwa Anda melakukan suatu pelanggaran atas peraturan perundang-undangan yang berlaku atau pelanggaran atas kepentingan pihak lain manapun.

  1. Kami mendapatkan laporan yang disertai dengan bukti permulaan yang cukup dari pihak lain bahwa Layanan Kami yang sedang Anda gunakan, digunakan untuk melakukan tindakan-tindakan yang dapat merugikan Kami dan/atau pihak lain manapun, ATAU bahwa Anda melakukan tindakan-tindakan yang dapat merugikan Kami dan/atau pihak lain manapun.

  1. Pemblokiran akun akan menyebabkan Anda tidak dapat mengakses dan menggunakan Layanan Kami sampai dengan Layanan Kami untuk Anda diaktifkan kembali.

  1. Kami akan menginformasikan Anda mengenai Pemblokiran akun Anda melalui Platform ataupun media komunikasi lainnya. Anda juga dapat menanyakan secara lebih lanjut hal-hal terkait dengan Pemblokiran tersebut.

  1. Pengakhiran Pemblokiran:

  1. Apabila Kami melakukan Pemblokiran karena alasan yang disebutkan dalam Angka 1 huruf a poin (1), (2) di atas, Anda dapat meminta pengakhiran Pemblokiran dengan menghubungi Layanan Bantuan Pengguna. Atas permintaan pengakhiran Pemblokiran, Kami akan melakukan tinjauan dan verifikasi, dan atas kebijakan dan pertimbangan Kami, Kami akan memutuskan untuk mengakhiri Pemblokiran atau melanjutkan Pemblokiran tersebut.

  1. Apabila Kami melakukan Pemblokiran atas akun Anda karena alasan yang disebutkan dalam Angka 1 huruf a poin (3) di atas, Kami dapat mengakhiri Pemblokiran, jika Kami mendapatkan perintah atau persetujuan dari otoritas, instansi, atau pengadilan yang berwenang dimaksud untuk mengakhiri Pemblokiran tersebut.

  1. Apabila Kami melakukan Pemblokiran atas akun Anda karena salah satu atau lebih alasan yang disebutkan dalam Angka 1 huruf a poin (4) – (8) di atas, Anda dapat mengajukan sangkalan kepada Kami atas tindakan Pemblokiran yang Kami lakukan tersebut dengan menyerahkan bukti-bukti pendukung untuk menyangkal dasar-dasar yang Kami terapkan untuk melakukan Pemblokiran tersebut. Berdasarkan sangkalan dan bukti yang Anda ajukan, Kami akan melakukan investigasi lebih lanjut untuk menentukan apakah Kami harus mengakhiri atau melanjutkan Pemblokiran atau melakukan penonaktifan secara permanen (Penutupan).

  1. Prosedur verifikasi untuk membuktikan bahwa Anda merupakan pengguna Layanan yang sah berlaku pada saat Anda meminta pengakhiran Pemblokiran.

  1. Pemblokiran tersebut tidak akan menghilangkan kewajiban-kewajiban Anda yang timbul sebelum Pemblokiran terjadi, dan tidak pula menghilangkan hak Kami untuk menuntut kewajiban-kewajiban Anda.

  1. Penutupan Akses Layanan Kepada Anda:

  1. “Penutupan” adalah penonaktifan akses Anda kepada Layanan Kami secara permanen. Penutupan tersebut dapat terjadi karena salah satu atau lebih hal-hal berikut ini:

  1. Anda menjadi Dormant Account, dan Kami, berdasarkan kebijakan Kami, memutuskan untuk melakukan Penutupan.

  1. Kami mendapatkan perintah dari otoritas, instansi, atau pengadilan yang berwenang atau berdasarkan peraturan perundang-undang yang berlaku untuk melakukan Penutupan atas akun Anda.

  1. Anda meminta Kami untuk melakukan Penutupan untuk tujuan keamanan atau tujuan lainnya. Dalam hal Anda meminta sendiri Penutupan, Anda akan melalui prosedur verifikasi untuk membuktikan bahwa permintaan Penutupan memang terbukti dari Anda selaku pemilik pengguna yang sah. Atas permintaan Penutupan, Kami akan melakukan tinjauan dan verifikasi atas permintaan tersebut, dan atas kebijakan dan pertimbangan Kami, Kami akan memutuskan untuk melakukan Penutupan atau tidak.

  1. Layanan yang Anda gunakan terbukti telah digunakan untuk melakukan suatu tindakan yang merupakan pelanggaran atas salah satu atau lebih ketentuan-ketentuan yang diatur dalam Syarat dan Ketentuan ini atau melakukan tindakan penyalahgunaan, ATAU Anda terbukti telah melanggar salah satu atau lebih ketentuan-ketentuan yang diatur dalam Syarat dan Ketentuan ini atau melakukan tindakan penyalahgunaan.

  2. Layanan yang Anda gunakan terbukti telah digunakan untuk pencucian uang, pendanaan kegiatan terorisme, atau tindakan pelanggaran atas peraturan perundang-undangan yang berlaku, ATAU Anda terbukti telah melakukan tindakan yang merupakan pencucian uang, pendanaan kegiatan terorisme, atau tindakan pelanggaran atas peraturan perundang-undangan yang berlaku.

  1. Layanan yang Anda gunakan terbukti telah digunakan untuk melakukan suatu tindakan yang merupakan pelanggaran atas peraturan perundang-undangan yang berlaku atau pelanggaran atas kepentingan pihak lain manapun, ATAU Anda terbukti telah melakukan tindakan yang merupakan pelanggaran atas peraturan perundang-undangan yang berlaku atau pelanggaran atas kepentingan pihak lain manapun.

  1. Layanan yang Anda gunakan terbukti telah digunakan untuk melakukan suatu tindakan yang dapat merugikan Kami dan/atau pihak manapun, ATAU Anda terbukti telah melakukan tindakan-tindakan yang dapat merugikan Kami dan/atau pihak lain manapun.

  1. Kami, berdasarkan pertimbangan dan kebijakan Kami sendiri, memutuskan bahwa Penutupan harus dilakukan untuk tujuan keamanan Kami dan/atau pihak lain manapun.

  1. Anda, berdasarkan bukti dan keterangan yang cukup, dinyatakan telah meninggal dunia.

  1. Anda mencabut persetujuan yang Anda telah berikan kepada Kami untuk menyimpan dan memproses seluruh data dan informasi Anda yang Kami butuhkan untuk pengelolaan dan pengawasan penggunaan Layanan Kami oleh Anda, atau Anda meminta Kami untuk berhenti memproses, menghapus dan/atau menghancurkan data dan informasi Anda yang Kami butuhkan untuk pengelolaan dan pengawasan penggunaan Layanan Kami oleh Anda. Dalam hal Anda mencabut persetujuan sebagaimana dimaksud dalam ketentuan ini, Anda akan melalui prosedur verifikasi untuk membuktikan bahwa pencabutan persetujuan tersebut memang terbukti dari Anda.

  1. Penutupan akun akan menyebabkan akun Anda tidak dapat digunakan untuk mengakses dan menggunakan Layanan Kami secara permanen (dinonaktifkan secara permanen) dan secara keseluruhan.

  1. Kami akan menginformasikan Anda mengenai Penutupan melalui Platform ataumedia komunikasi. Anda juga dapat menanyakan secara lebih lanjut hal-hal terkait dengan Penutupan tersebut ke Layanan Bantuan Pengguna.

  1. Penutupan tersebut tidak akan menghilangkan kewajiban-kewajiban Anda yang timbul sebelum Penutupan terjadi, dan tidak pula menghilangkan hak Kami untuk menuntut kewajiban-kewajiban Anda.

  1. pengeluaran peringatan untuk Anda;

  1. proses hukum terhadap Anda untuk penggantian semua biaya atas dasar ganti rugi (termasuk tetapi tidak terbatas pada, biaya hukum dan administrasi yang wajar) yang disebabkan oleh pelanggaran;

  1. tuntutan hukum lebih lanjut terhadap Anda; dan/atau 

  1. pengungkapan informasi tersebut kepada pihak penegak hukum sebagaimana kami secara wajar menganggapnya perlu.

  1. GANTI RUGI

Anda setuju untuk mengganti kerugian dan melindungi AwanTunai dari kerugian terhadap semua tuntutan, kewajiban (termasuk kewajiban berdasarkan undang-undang dan kewajiban kepada para pihak ketiga), biaya, pengeluaran, denda, ongkos (termasuk tetapi tidak terbatas pada biaya hukum atas dasar ganti rugi penuh), ganti rugi, keputusan dan/atau kerugian yang diderita atau ditimbulkan oleh AwanTunai, termasuk keuntungan dan peluang (yang potensial atau sebenarnya) yang dapat diambil darinya atau hilang, karena atau yang timbul dari: 

  1. akses Anda dari dan/atau penggunaan Konten Layanan, Layanan, Konten Pengguna, Konten Pihak Ketiga dan situs Pihak Ketiga kami;

  2. koneksi Anda ke Layanan;

  3. pelanggaran terhadap Syarat dan Ketentuan dan Kebijakan Privasi; 

  4. pelanggaran Anda terhadap setiap hak dari orang atau entitas lain;

  5. pelanggaran Anda terhadap setiap persyaratan menurut undang-undang, kewajiban atau hukum; 

  6. Tindakan penipuan yang Anda derita sehubungan dengan penggunaan Layanan Kami oleh pihak ketiga lainnya; atau

  7. tindakan dari pihak lain manapun yang dapat mengakses dan/atau menggunakan Konten Layanan, Layanan, Konten Pihak Ketiga dan situs Pihak Ketiga Kami dengan menggunakan user id dan/atau kata sandi login Anda.

  1. KETERPISAHAN

Apabila suatu ketentuan dalam Syarat dan Ketentuan ini tidak dapat diberlakukan, tidak berlaku, atau bertentangan dengan suatu hukum atau kebijakan umum karena alasan apapun, ketentuan-ketentuan lain dari Syarat dan Ketentuan ini tidak akan terpengaruhi dan tetap berlaku secara penuh sepanjang diperbolehkan oleh Hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku dan Anda tetap wajib mematuhi dan terikat dengan ketentuan lain dalam Syarat dan Ketentuan yang masih berlaku tersebut.

  1. HUBUNGAN DENGAN PARA PIHAK

  1. Tidak satu pun hal dalam Syarat dan Ketentuan ini yang akan merupakan atau dianggap merupakan suatu keagenan, kemitraan atau perusahaan patungan antara AwanTunai dan Anda dan tidak ada pihak yang memiliki kewenangan untuk mengikat pihak lainnya dengan cara apapun.

  1. Anda tidak dapat membangun hubungan sedemikian rupa yang mengindikasikan suatu bentuk asosiasi, persetujuan atau dukungan apapun dari sisi Kami ketika memang hal itu tidak ada. Anda tidak dapat membangun link ke Layanan kami dalam website apapun yang tidak dimiliki oleh Anda. Website yang Anda hubungkan melalui link harus mematuhi Standar Konten dalam segala hal.

  1. PENGESAMPINGAN 

  1. Tidak ada pengesampingan atas setiap hak atau pemulihan oleh AwanTunai yang akan berlaku kecuali dibuat secara tertulis dan ditandatangani oleh AwanTunai atau kuasa yang sah dari AwanTunai.

  1. Kelalaian AwanTunai dalam melaksanakan atau menggunakan setiap hak yang diberikan kepadanya oleh Syarat dan Ketentuan ini tidak akan dianggap pengesampingan atau variasi dari hak tersebut atau berlaku sehingga melarang pelaksanaan atau penggunaan hak tersebut pada suatu waktu atau waktu-waktu berikutnya.

  1. KEADAAN MEMAKSA

  1. Tidak ada pihak yang harus bertanggung jawab atas setiap kegagalan pelaksanaan kewajibannya berdasarkan Syarat dan Ketentuan ini jika kegagalan tersebut diakibatkan oleh Peristiwa Keadaan Memaksa (didefinisikan di bawah), senantiasa dengan ketentuan bahwa bila memungkinkan, pihak yang terkena dampak akan melanjutkan pelaksanaan kewajiban tersebut segera setelah Peristiwa Keadaan Memaksa yang menyebabkan kegagalan tersebut berhenti atau mereda. 

  1. Untuk tujuan Syarat dan Ketentuan ini, “Peristiwa Keadaan Memaksa” adalah peristiwa saat suatu keadaan atau peristiwa di luar kendali wajar dari suatu pihak yang mempengaruhi masyarakat umum di negara atau wilayah pihak tersebut, dan yang mengakibatkan pihak tersebut tidak mampu mematuhi atau melakukan kewajiban tepat waktu berdasarkan Syarat dan Ketentuan ini. Keadaan atau peristiwa tersebut termasuk tindakan industri atau sengketa buruh, kerusuhan sipil, perang atau ancaman perang, tindakan kriminal atau teroris, tindakan atau peraturan pemerintah, kegagalan telekomunikasi atau utilitas, pemadaman listrik, kebakaran, ledakan, bencana alam fisik, epidemi, pembatasan karantina, dan tidak berfungsinya transportasi umum.

  1. PRINSIP KEHATI-HATIAN

  1. Kami sangat menghimbau Anda untuk selalu menerapkan dan melaksanakan prinsip kehati-hatian, setiap Anda mengakses Layanan Kami, memanfaatkan Platform Kami, untuk mengakses layanan pihak ketiga dimana Layanan Kami dapat diakses, untuk menghindari risiko-risiko yang dapat mengancam keamanan akun Anda atau dapat merugikan Anda.

  1. Anda bertanggung jawab sendiri dan penuh dalam menerapkan dan melaksanakan prinsip kehati-hatian. Kami tidak dapat dimintakan pertanggungjawaban atas seluruh konsekuensi dan kerugian yang timbul akibat dari kelalaian atau kesalahan Anda dalam menerapkan prinsip kehati-hatian atau akibat dari kejadian-kejadian merugikan yang Anda alami yang tidak disebabkan secara langsung oleh kelalaian atau kesalahan Kami dalam menyediakan Layanan dan/atau layanan-layanan Kami kepada Anda.

  1. DOKUMEN LAIN YANG BERLAKU

  1. Sebagai tambahan pada Syarat dan Ketentuan ini, hal-hal berikut juga berlaku terhadap penggunaan Layanan kami oleh Anda: 

  1. Kebijakan Privasi kami, yang menetapkan ketentuan-ketentuan yang berlaku ketika kami mengolah setiap Data Pribadi yang kami kumpulkan dari Anda, atau yang Anda berikan kepada kami. Dengan menggunakan Layanan kami, Anda setuju dengan penggumpulan, penggunaan, pengungkapan dari Data Pribadi Anda dan Anda menjamin bahwa semua data yang Anda berikan adalah akurat, benar dan sah diberikan kepada Kami; dan

  1. Perjanjian Pendanaan, yang berlaku untuk penggunaan Anda atas Layanan sebagai Pengguna terdaftar.

  1. Perjian penyaluran pendanaan, yang berlaku untuk pemberi dana yang melakukan pendanaan melalui Layanan Kami.

  1. Jika terdapat pertentangan antara Syarat dan Ketentuan ini, perjanjian penyaluran pendanaan dan/atau Perjanjian Pendanaan, maka yang berlaku adalah Perjanjian Pendanaan atau perjanjian penyaluran pendanaan tersebut.

  1. HUKUM YANG BERLAKU & YURISDIKSI

  1. Syarat dan Ketentuan ini dan semua hal yang berhubungan dengan akses Anda ke, atau penggunaan, Layanan ini diatur dan ditafsirkan sesuai dengan hukum Indonesia tanpa mempengaruhi setiap prinsip hukum internasional.

  2. Anda dengan ini setuju untuk tunduk kepada yurisdiksi non-eksklusif dari pengadilan Indonesia.

  1. HUBUNGI KAMI

Kunjungi halaman FAQ kami untuk informasi lebih lanjut. 

Anda dapat menghubungi ke:

E-Mail: Layanan@awantunai.com dan/atau

Pesan Whatsapp : 0811-8120-0122

terkait perihal berikut ini : 

  1. Pertanyaan, pengaduan, komentar, dan permintaan mengenai ketentuan Syarat dan Ketentun ini dan/atau Layanan yang diberikan oleh Perusahaan; dan

  1. Apabila terdapat permintaan perubahan, pembaharuan, pemutakhiran, penghapusan, dan pemusnahan Data Pribadi Anda.

AwanTunai tidak mengenakan biaya apa pun kepada Pengguna atas pelayanan pengaduan.

Syarat dan Ketentuan ini terakhir diperbarui pada 6 Desember 2023. Dengan tetap mengacu kepada peraturan yang berlaku, dalam hal terdapat perubahan Syarat dan Ketentuan (apabila ada) ini, Kami akan memberitahukan kepada Anda dan akan berlaku 30 hari kerja sejak tanggal pemberitahuan dari Kami.