Kebijakan Privasi/Privacy Policy
AwanTunai adalah layanan pendanaan bersama berbasis teknologi informasi yang telah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (“OJK”) yang mempertemukan Pemberi Dana dengan Penerima Dana secara langsung melalui sistem elektronik dengan menggunakan internet. AwanTunai berkomitmen untuk memastikan bahwa privasi Anda terlindungi. Dengan menyetujui Kebijakan Privasi ini, Anda mengakui bahwa Anda telah membaca dengan teliti, memahami dan menerima seluruh isi Kebijakan Privasi ini. |
|
1. “Anda” dengan variasi tata bahasa dan ungkapan yang serumpun, merujuk pada para Pengguna Produk dan Layanan. |
2. “Afiliasi” adalah setiap perusahaan atau entitas lain, yang secara langsung atau tidak langsung, mengendalikan ,dikendalikan oleh, berada di bawah kendali, atau berada dalam satu naungan kepemilikan dengan kami. |
3. “Akun” atau “Akun Anda” berarti setiap akun (dalam bentuk virtual account maupun bentuk lainnya) yang Kami buat untuk Anda atau yang Anda gunakan untuk mengakses, menggunakan dan/atau menikmati Layanan. |
4. “Data Pribadi” atau “Data” berarti data tentang orang perseorangan yang teridentifikasi atau dapat diidentifikasi secara tersendiri atau dikombinasi dengan informasi lainnya baik secara langsung maupun tidak langsung melalui sistem elektronik atau nonelektronik. Data Pribadi tersebut baik data yang Anda berikan kepada AwanTunai, data yang terekam karena penggunaan Layanan atau diperoleh dari Pihak Ketiga Terkait meliputi namun tidak terbatas pada nama lengkap, alamat rumah, data usaha seperti namun tidak terbatas pada nama, alamat serta barang usaha, nomor NPWP serta nomor dan foto EKTP, foto diri, alamat rumah dan alamat usaha, nomor handphone, data biometrik, data lokasi, data keuangan dan kredit, data keterangan pribadi lainnya. 5. “Kami” adalah dengan variasi tata bahasa dan ungkapan yang serumpun, merujuk pada PT Simplefi Teknologi Indonesia (“AwanTunai”) dan/atau kuasa yang sah dari AwanTunai. |
6. “Layanan” adalah layanan jasa keuangan berupa penyediaan Platform oleh AwanTunai untuk mempertemukan Pemberi Dana dengan Penerima Dana dalam rangka melaksanakan kegiatan LPBBTI terkait penyaluran Pinjaman kepada Penerima Dana. |
7. “Layanan Pelanggan (Call Center)” adalah fungsi customer service center AwanTunai untuk Anda, yang dapat dihubungi lewat panggilan telepon dan/atau email. |
8. “Pinjaman” adalah fasilitas pinjaman dana dari Pemberi Dana sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku yang dapat diakses atau didapat dalam atau melalui Layanan, Aplikasi, dan/atau Sistem kami. |
9. “Pemberi Dana” adalah badan usaha atau perorangan yang memberi Pinjaman kepada Penerima Dana melalui AwanTunai. |
10. “Penerima Pinjaman” adalah badan usaha atau perorangan yang telah mendapatkan Pinjaman dari Pemberi Dana melalui AwanTunai. |
11. “Pihak Ketiga Terkait” adalah satu atau lebih pihak yang ditunjuk oleh AwanTunai atau yang memiliki kerjasama dengan AwanTunai untuk penyediaan, pengoperasian, pengelolaan dan/atau hal lainnya sehubungan dengan pemberian Layanan termasuk namun tidak terbatas pada penyedia jasa biro kredit, penyedia tandatangan elektronik, penyedia jasa Electronic Know Your Costumer (EKYC), jasa penagihan, serta penyedia jasa marketplace and/atau perdagangan elektronik, penyedia jasa penagihan, penyedia jasa credit scoring, dan penyedia jasa pengecekan data pencucian uang, pendanaan terorisme dan pendanaan proliferasi senjata pemusnah massal. |
12. “On-Time Password” atau “OTP” berarti rangkaian angka, kode, huruf dan/atau simbol rahasia (atau kombinasi dari rangkaian angka, kode, huruf dan/atau simbol rahasia) yang akan Kami informasikan kepada Anda untuk keamanan atas akses dan/atau penggunaan Akun. |
13. “Platform” adalah situs yang dibuat, dimiliki dan dioperasikan oleh AwanTunai yang dapat diakses pada URL www.awantunai.co.id berikut perubahan URL tersebut dari waktu ke waktu yang dapat berdiri sendiri maupun bekerjasama dengan Pihak Ketiga Terkait dalam penyediaan Layanan yang mana saat ini AwanTunai bekerjasama dengan penyedia marketplace yakni PT Awan Tunai Indonesia dalam platformnya yang bernama AwanToko dan AwanToko Pro. |
14. “Sistem” berarti seluruh sistem, perangkat (baik hardware maupun software), jaringan, server, koneksi (termasuk koneksi internet), keterhubungan, infrastruktur serta perangkat, sarana dan prasarana lainnya yang dibangun, dibuat, dikelola dan/atau dioperasikan untuk penggunaan dan/atau penyediaan Aplikasi dan Layanan. |
15. “Kebijakan Privasi” berarti Kebijakan Privasi ini berikut setiap perubahan, penambahan, penggantian, penyesuaian dan/atau modifikasinya yang dibuat dari waktu ke waktu sehubungan dengan kebijakan terkait data /informasi Anda, termasuk Data Pribadi yang merupakan suatu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan dengan Syarat dan Ketentuan. |
II. KETENTUAN DATA PRIBADI |
A. Penggunaan Data Pribadi |
1. Dengan menggunakan Layanan dari AwanTunai, Anda dengan ini mengakui, memberikan izin dan menyetujui bahwa seluruh Data Anda yang Anda serahkan kepada Kami, baik secara langsung maupun tidak langsung, melalui penggunaan Platform AwanTunai ataupun terekam dalam Sistem Kami ataupun melalui Pihak Ketiga Terkait. Dengan demikian, Anda dengan ini mengakui dan menyetujui, memberikan izin serta memberikan kuasa bahwa Kami berhak untuk (baik sendiri maupun dengan menunjuk atau bekerjasama dengan satu atau lebih pihak lain) sepenuhnya mengumpulkan, menggunakan, mengelola, menganalisa, mengolah, menyimpan, mengakses, menginformasikan, memberitahukan, membagikan dan/atau menyampaikan sebagian atau seluruh Data kepada termasuk tetapi tidak terbatas pada Pihak Ketiga Terkait, Pemberi Dana, Penerima Dana, pihak Afiliasi Kami, Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia (“AFPI”), OJK, maupun pihak lainnya yang memiliki kerjasama atau perjanjian dengan Kami, serta untuk melakukan tindakan atas Data, termasuk tetapi tidak terbatas untuk tujuan: |
a. Dengan menggunakan Layanan AwanTunai, maka Anda memberikan hak kepada PT Awan Tunai Indonesia sebagai pemilik layanan AwanToko dan AwanTokoPro untuk mengungkapan Data ataupun informasi Anda kepada AwanTunai; |
b. penyediaan, pemberian, pengembangan pembaharuan dan/atau peningkatan Layanan dan/atau Platform |
c. Penggunaan layanan Pihak Ketiga Terkait dimana AwanTunai bekerjasama sehubungan dengan pemberian Layanan; |
d. penilaian, analisis, verifikasi, validasi atau pemeriksaan terhadap (i) permohonan atau aplikasi perolehan pinjaman; (ii) proses atau permohonan pendaftaran sebagai Penerima Dana; dan/atau (iii) profil Anda; |
e. melakukan penilaian risiko, analisis dan perencanaan statistik dan tren, termasuk melaksanakan pengolahan data, analisis statistik, kredit, risiko dan pemeriksaan anti pencucian uang dan pencegahan pendanaan terorisme, membuat dan mengelola model penilaian kredit, melakukan pemeriksaan dan peninjauan kredit dan latar belakang lain, dan menyimpan sejarah kredit Anda untuk referensi saat ini dan di masa mendatang; |
f. pengiriman informasi yang Kami anggap berguna untuk Anda termasuk antara lain informasi tentang Layanan dan/atau Platform maupun informasi mengenai pembaharuan Sistem (atau bagian manapun daripadanya), dan/atau |
g. menghubungi Anda terkait dengan penagihan, aduan, keluhan dan/atau pertanyaan Anda; |
h. mengirim komunikasi komersial pemasaran dan non-pemasaran kepada Anda; |
i. memberikan informasi yang memadai di Platform untuk mengidentifikasi Anda kepada Pemberi Dana; |
j. survey, riset, evaluasi dan/atau pengembangan produk atau Layanan oleh AwanTunai; |
k. sehubungan dengan penilaian risiko ke, permintaan persetujuan ke, dan pelaporan atas kegiatan pendanaan dari Pemberi Dana; |
l. pelaporan status pinjaman Anda kepada Fintech Data Center milik AFPI, dan Pusat Data Fintech Lending (Pusdafil) milik OJK, ataupun ke Sistem Layanan Informasi Keuangan (“SLIK”) Otoritas Jasa Keuangan dalam hal Pemberi Dana Anda adalah institusi keuangan yang menjadi pihak pelapor SLIK ; |
m. melaksanakan perintah atau kebijakan pemerintah, badan pengaturan atau instansi yang berwenang; dan/atau |
n. Kebutuhan lainnya sehubungan dengan penggunaan Layanan oleh Anda. |
2. Anda dengan ini menyatakan, menjamin dan mengakui secara tegas dan tidak dapat dicabut kembali bahwa penyerahan dan penyampaian Data Anda kepada Kami sebagaimana dimaksud butir 1 di atas tidak melanggar hak Anda maupun hak orang atau pihak manapun termasuk tetapi tidak terbatas pada hak kekayaan intelektual milik Anda maupun milik orang atau pihak manapun yang berkaitan dengan pribadi Anda. |
3. Sehubungan dengan penggunaan Layanan Kami, Anda menyadari bahwa pada saat pertama kali ataupun saat Anda sedang menggunakan Platform Kami, Kami telah meminta persetujuan Anda untuk dapat mengakses lokasi Anda, dengan demikian atas persetujuan tersebut Anda menyadari bahwa Kami dapat mengumpulkan data lokasi Anda baik pada saat Anda membuka ataupun menutup Platform, dan dengan demikian Anda menyatakan pula persetujuan Anda bahwa data lokasi Anda dapat Kami berikan kepada Pihak Ketiga Terkait yang memiliki kerjasama dengan Kami. |
4. Sehubungan dengan penggunaan Layanan AwanTunai, sebagaimana peraturan yang berlaku AwanTunai dapat mengakses kamera, mikrofon dan lokasi Anda atas seizin Anda. 5. Sehubungan dengan penggunaan Layanan AwanTunai, Anda dapat saja menggunakan layanan pada pihak lain yang juga bekerjasama dengan Kami sebagai Pihak Ketiga Terkait, dengan demikian Anda setuju bahwa data dan informasi yang Anda berikan kepada Pihak Ketiga Terkait tersebut diberikan kepada AwanTunai, untuk selanjutnya disimpan dan diproses oleh AwanTunai. |
6. Selain sebagaimana yang dijabarkan pada poin 1 diatas dan ketentuan-ketentuan lainnya dalam Kebijakan Privasi ini, AwanTunai dapat mengungkapkan Data Pribadi Anda apabila: |
a. dipersyaratkan oleh hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku; |
b. terdapat proses hukum yang sedang atau akan berlangsung; |
c. terdapat dugaan adanya tindak pidana termasuk namun tidak terbatas pada tindak pidana penipuan, pencucian uang, dan/atau pendanaan terorisme; |
d. dipersyaratkan oleh instansi atau pihak yang berwenang; dan/atau |
e. telah mendapatkan persetujuan tertulis oleh Anda. |
7. Anda berjanji tidak akan melakukan tindakan apapun yang dapat menyebabkan Kami tidak dapat memberikan Data di atas. Untuk keperluan tersebut, dengan ini, Anda juga memberikan persetujuan dan kuasa yang tidak dapat ditarik kembali, sepanjang Anda menggunakan Layanan Kami, tanpa diperlukan tambahan surat persetujuan dan kuasa tersendiri dari Anda. |
8. Jika Anda memberikan Data yang salah dan tidak akurat, atau Perusahaan menduga adanya penipuan, AwanTunai bisa mencatat hal tersebut dalam sejarah kredit Anda dan membagikan informasi tersebut ke badan hukum yang tepat atau pihak yang berwenang dan/atau agensi pencegah penipuan. |
B. Penyimpanan Data Pribadi |
Penyimpanan Data Pribadi Anda ataupun informasi lainnya oleh Perusahaan paling singkat adalah selama 5 (lima) tahun atau selama diperlukan untuk melindungi kepentingan Perusahaan yang dianggap perlu atau apabila diminta oleh hukum dan peraturan perundangan-undangan yang berlaku. |
C. Keamanan Data Pribadi |
1. Anda akan diminta untuk melakukan otorisasi instruksi dengan menggunakan berbagai jenis informasi keamanan yang berbeda (misalnya PIN, nama pengguna, password) jika dibutuhkan serta OTP yang Kami dan/atau Pihak Ketiga Terkait kirimkan ataupun yang telah Anda buat sebelumnya sehubungan dengan penggunaan Layanan. |
2. Setelah melakukan otorisasi, AwanTunai akan mengeksekusi instruksi sesuai perintah Anda, Anda diwajibkan untuk memastikan tidak memberitahukan informasi keamanan Anda kepada pihak lain. |
3. AwanTunai memastikan kerahasiaan dan keamanan informasi diri dari Data yang Anda berikan terjaga dengan baik. Penggunaan Data Anda akan Kami lakukan sesuai dengan ketentuan yang berlaku. |
4. Terlepas dari langkah dan tindakan pencegahan yang AwanTunai lakukan, AwanTunai tidak dapat memberikan jaminan penuh atas keamanan segala bentuk data yang dikirimkan kepada AwanTunai dimana terdapat pihak-pihak lain yang mengambil dengan melawan hukum serta tanpa izin AwanTunai. AwanTunai akan berupaya sebaik mungkin untuk menghentikan akses ke dalam Data Pribadi oleh pihak yang tidak berwenang. |
D. Pembaharuan dan/atau Pemutakhiran Data Pribadi |
1. Anda sebagai pengguna dari Layanan Kami, pada saat memberikan Data Pribadi untuk yang pertama kali, dan dalam jangka waktu di masa mendatang memiliki perubahan-perubahan terhadap berbagai Data tersebut, berhak untuk menghubungi Kami untuk memintakan pembaharuan Data oleh Kami, sehingga Data yang ada akan terbaharui dan terjamin keakuratannya. |
2. Terhadap pembaharuan Data Pribadi, Kami dapat sewaktu-waktu di masa yang akan datang memintakan konfirmasi kembali terhadap Data Pribadi tersebut masih relevan dan sesuai pada saat waktu tersebut, sehingga pada waktu tersebut, Anda berkewajiban untuk memberikan pembaharuan data (jika ada) dengan jelas dan akurat. |
E. Penghapusan/ Pemusnahan Data Pribadi dan Pencabutan Persetujuan Penyimpanan |
1. Anda dapat untuk mencabut persetujuan Anda untuk Kami menyimpan Data Pribadi Anda, baik seluruhnya maupun sebagian dan dengan pencabutan persetujuan tersebut maka Kami akan menghapus/memusnahkan Data Pribadi Anda dari sistem penyimpanan Kami dan/atau berhenti untuk menggunakan Data Pribadi tersebut. |
2. Selain berdasarkan ketentuan dalam ayat (1) di atas, Data Pribadi Anda juga dapat dihapus/dimusnahkan dari sistem penyimpanan Kami, jika: a. Data Pribadi Anda tidak lagi dibutuhkan dan penghapusan/pemusnahan Data Pribadi tersebut diperbolehkan oleh peraturan perundang-undangan yang berlaku; |
b. Anda meminta Kami untuk menghapus/memusnahkan Data Pribadi Anda yang tersimpan dalam sistem penyimpanan Kami, baik sebagian atau seluruhnya, dengan mengirimkan permintaan secara tertulis ke Kontak Kami; dan/atau |
c. Data Pribadi diperoleh dan/atau diproses dengan cara melawan hukum. |
3. Dihapusnya/dimusnahkannya Data Pribadi Anda dalam sistem penyimpanan Kami atau dicabutnya persetujuan Anda untuk Kami menyimpan Data Pribadi Anda akan menyebabkan Kami tidak dapat: |
a. Memproses Pendaftaran Anda lebih lanjut, jika Anda merupakan calon Penerima Dana ataupun Pemberi Dana yang sedang dalam proses pendaftaran; dan/atau
|
b. Memproses permohonan pendanaan ataupun permohonan mendanai (“Permohonan”) yang Anda, jika Kami tidak menyimpan Data Pribadi Anda maka Kami tidak akan dapat melakukan aktivitas-aktivitas yang berkaitan dengan pemrosesan Permohonan Anda, seperti, antara lain; untuk mendapatkan pendanaan dari Pemberi Dana, untuk mendanai Penerima Dana, melakukan penilaian atas Permohonan Anda; |
4. Kami berhak menolak permintaan penghapusan/pemusnahan Data Pribadi Anda, sebagaimana dimaksud dalam ayat (1) di atas, baik sebagian atau seluruhnya, jika: |
a. permintaan Anda tersebut tidak relevan dengan Data Pribadi Anda yang disimpan oleh Kami, seperti, antara lain; jika Anda meminta Data Pribadi atas pihak lain yang mana Anda tidak berwenang atas Data Pribadi tersebut; |
b. Kami tidak diperkenankan oleh otoritas yang berwenang dan/atau peraturan perundang-undangan yang berlaku untuk melaksanakan permintaan Anda; dan/atau |
c. Masih terdapat hubungan usaha seperti namun tidak terbatas pada pinjaman Anda yang masih berjalan atau belum dibayar lunas atau masih terdapat piutang Anda yang masih berjalan. |
5. Sehubungan dengan penghapusan/pemusnahan, dan pencabutan persetujuan sebagaimana dimaksud dalam bagian ini, Anda dengan ini sepakat bahwa Anda membebaskan Kami dari tanggung jawab dalam bentuk apapun atas seluruh konsekuensi yang timbul dari penghapusan/pemusnahan, dan pencabutan persetujuan tersebut. |
III. KEWAJIBAN PERNYATAAN DAN JAMINAN |
1. Anda hanya dapat mengakses atau menggunakan Layanan, dan/atau Platform sesuai dengan (a) ketentuan Kebijakan Privasi dan Syarat dan Ketentuan yang dapat terakses dan dilihat dalam Platform (b) untuk tujuan yang sah menurut hukum dan ketentuan perundang-undangan, dan (c) tidak digunakan untuk tujuan atau tindakan penipuan, pelanggaran hukum, kriminal maupun tindakan, aktifitas, perbuatan atau tujuan lain yang melanggar maupun hak atau kepentingan pihak manapun. Anda bertanggung jawab penuh untuk memeriksa dan memastikan bahwa Anda telah menggunakan Platform yang benar. Kami tidak bertanggung jawab jika Anda tidak memiliki perangkat yang kompatibel dengan Sistem atau Platform ataupun adanya gangguan pada perangkat dan/atau jaringan telekomunikasi Anda. |
2. Anda dilarang untuk menggunakan Layanan, Platform, Akun dan/atau melakukan Transaksi: (a) untuk tujuan, kegiatan, aktifitas atau aksi yang melanggar hukum atau melanggar hak atau kepentingan (termasuk Hak Kekayaan Intelektual atau hak privasi milik pihak manapun); (b) yang memiliki materi atau unsur yang berbahaya atau yang merugikan pihak manapun; (c) yang mengandung virus software, worm, trojan horses atau kode komputer berbahaya lainnya, file, script, agen atau program; dan (d) yang mengganggu integritas atau kinerja sistem dan/atau Platform Kami. |
3. Anda dilarang untuk melakukan tindakan apapun termasuk dalam atau melalui Sistem, Platform atau Akun serta dilarang untuk melakukan transaksi yang dapat merusak atau mengganggu reputasi Kami, Pihak Ketiga Terkait, Pemberi Dana, AFPI dan OJK. |
4. Anda dengan ini secara tegas menyetujui serta menyatakan dan menjamin bahwa: |
a. Data, informasi dan dokumen yang Anda berikan sehubungan dengan penggunaan Layanan Perusahaan adalah asli dan tidak mengandung unsur pemalsuan ataupun penipuan. Atas setiap pemalsuan dokumen, Data, ataupun informasi atau tindak pidana lain yang dilakukan oleh Anda, Perusahaan dapat melakukan upaya hukum termasuk memproses tindakan yang dimaksud kepada pihak yang berwenang; b. Anda adalah individu yang secara hukum cakap untuk melakukan tindakan hukum berdasarkan hukum negara Republik Indonesia atau individu yang secara sah dan berwenang mewakili suatu badan hukum dan/atau usaha termasuk untuk mengikatkan diri dalam Kebijakan Privasi ini. Jika Anda tidak memenuhi ketentuan kebijakan ini, Kami berhak untuk sewaktu-waktu untuk men-nonaktifkan atau mengakhiri penggunaan Akun, Layanan dan/atau Paltform, baik untuk sementara waktu maupun untuk seterusnya; |
c. Dalam hal Anda merupakan perwakilan dari badan hukum dan/atau badan usaha, maka dengan Anda menyetujui Kebijakan Privasi ini, maka otomatis berlaku untuk badan usaha dan/atau badan hukum yang Anda wakili. |
d. Anda memiliki hak, wewenang dan kapasitas untuk menggunakan Layanan dan Akun serta berkewajiban untuk melaksanakan seluruh ketentuan Kebijakan Privasi ini; |
e. Jika Anda melakukan pendaftaran atau mengunduh Aplikasi atas nama suatu badan hukum atau badan usaha, Anda dengan ini menyatakan dan menjamin bahwa Anda memiliki kapasitas, hak dan wewenang yang sah untuk bertindak untuk dan atas nama badan hukum, atau badan usaha tersebut termasuk tetapi tidak terbatas pada mengikat badan hukum atau badan usaha tersebut untuk tunduk pada seluruh isi ketentuan Kebijakan Privasi ini; |
f. Anda telah membaca seluruh isi Kebijakan Privasi ini serta telah mengerti dan memahami seluruh isi Kebihakan Privasi ini dan karenanya mengikatkan diri secara sukarela untuk tunduk dengan serta melaksanakan seluruh Kebijakan Privasi ini; |
g. Anda menyatakan dan menjamin bahwa dana yang dipergunakan dalam rangka transaksi bukan dana yang berasal dari atau dipergunakan untuk tindak pidana yang dilarang berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku di Republik Indonesia, transaksi tidak dilakukan untuk maksud mengelabui, mengaburkan, atau menghindari pelaporan kepada Pusat Pelaporan Dan Analisa Transaksi Keuangan (PPATK) berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku di Republik Indonesia, dan Anda bertanggung jawab sepenuhnya serta melepaskan AwanTuani dari segala tuntutan, klaim, atau ganti rugi dalam bentuk apapun, apabila Anda melakukan tindak pidana pencucian uang atau pendanaan terorisme ataupun tidak pidana lainnya berdasarkan ketentuan peraturan perundang- undangan yang berlaku di Republik Indonesia; |
h. melakukan manajemen internal untuk mengoperasikan sistem informasi kontrol dan manajemen dan melaksanakan audit internal atau mengizinkan pelaksanaan audit eksternal; |
i. Seluruh Data baik yang telah Anda sampaikan atau cantumkan maupun yang akan Anda sampaikan atau cantumkan baik langsung maupun tidak langsung di kemudian hari atau dari waktu ke waktu adalah benar, lengkap, akurat, terkini dan tidak menyesatkan serta tidak melanggar hak (termasuk tetapi tidak terbatas pada hak kekayaan intelektual) atau kepentingan pihak manapun. Penyampaian Data oleh Anda kepada Kami atau pada atau melalui Platform dan/atau Sistem Kami, tidak bertentangan dengan hukum yang berlaku serta tidak melanggar akta, perjanjian, kontrak, kesepakatan atau dokumen lain dimana Anda merupakan pihak atau dimana Anda atau aset Anda terikat; |
j. Layanan, Platform maupun Akun akan digunakan untuk kepentingan Anda sendiri atau untuk kepentingan badan hukum, badan usaha atau pihak lain yang secara sah Anda wakili sebagaimana dimaksud huruf c di atas; |
k. Anda tidak akan memberikan hak, wewenang dan/atau kuasa dalam bentuk apapun dan dalam kondisi apapun kepada orang atau pihak lain untuk menggunakan Data, Akun, OTP, password dan/atau PIN dan Anda karena alasan apapun dan dalam kondisi apapun tidak akan dan dilarang untuk mengalihkan Akun kepada orang atau pihak manapun dan Anda harus memastikan akses Anda dilakukan secara aman untuk mencegah adanya pencurian password, OTP, Akun dan/atau PIN yang Anda gunakan untuk mengakses layanan Pihak Ketiga Terkait; dan |
l. Dalam atau pada saat menggunakan Layanan, Paltform dan/atau Akun, Anda setuju untuk mematuhi dan melaksanakan seluruh ketentuan hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku termasuk hukum dan peraturan perundang-undangan di negara asal Anda maupun di negara atau kota dimana Anda berada. Untuk itu Anda diwajibkan untuk dari waktu ke waktu membaca ketentuan Kebijakan Privasi yang kami sediakan dalam Paltform. Kebijakan Privasi ini berlaku terhadap Anda maupun atas transaksi atau atas penggunaan Layanan oleh atau melalui Akun Anda dimanapun Anda berada, baik di wilayah Republik Indonesia maupun di wilayah Negara lainnya. |
IV PEMBEBASAN TANGGUNG JAWAB AWANTUNAI |
Anda dengan ini membebaskan AwanTunai dan/atau Pemberi Dana (berikut karyawan, direksi, komisaris, pemegang saham, perwakilan, kuasa, agen dan/atau perusahaan afiliasi AwanTunai dan Pemberi Dana) dari setiap tuntutan ganti kerugian, pengeluaran, ongkos maupun biaya yang timbul dari atau sehubungan dengan: |
a. sengketa dengan pihak ketiga terkait Data Pribadi oleh karena alasan atau sebab sengketa apapun; |
b. pelanggaran hak atau kerugian pihak ketiga atau pihak manapun termasuk Pihak Ketiga Terkait; |
c. sanksi, investigasi atau penyelidikan, penyidikan, inspeksi atau audit maupun konsekuensi apapun dari atau terkait pelanggaran ketentuan hukum dan/atau peraturan perundang-undangan, kebijakan pemerintah dan/atau putusan badan peradilan atau arbitrase manapun akibat dari atau sehubungan dengan Data Pribadi yang Anda berikan. |
V. PERUBAHAN KEBIJAKAN PRIVASI |
a. Kami berhak untuk setiap waktu mengubah, menambah, mengurangi, mengganti, menyesuaikan, dan/atau memodifikasi Kebijakan Privasi (baik sebagian ataupun seluruhnya) dengan pemberitahuan kepada Anda dalam kurun waktu yang ditentukan oleh peraturan perundang-undangan yang berlaku. Setiap perubahan, penambahan, pengurangan, penggantian, penyesuaian dan/atau modifikasi yang dibuat dari waktu ke waktu atas Kebijakan Privasi, akan Kami cantumkan dalam Platform. |
b. Kami akan memberitahu Anda mengenai perubahan sebagaimana dimaksud dalam huruf (a) di atas melalui pemberitahuan publik pada Platform, atau melalui pemberitahuan khusus ke alamat email Anda ataupun kontak Anda yang terdaftar pada sistem Kami. |
c. Anda setuju bahwa Anda bertanggung jawab sendiri untuk meninjau Kebijakan Privasi ini secara berkala untuk mengetahui informasi terbaru mengenai Kebijakan Privasi ini melalui Platform dan/atau pada email dan/atau kontak Anda yang terdaftar pada sistem Kami. Mohon untuk secara berkala dan teratur mengunjungi Platform Kami, dan menjaga email dan/atau kontak Anda selalu aktif dan benar dan mengecek email dan/atau kontak Anda secara teratur agar Anda dapat terinformasi mengenai Kebijakan Privasi Kami dari waktu ke waktu. |
d. Dalam hal Anda tidak setuju atas perubahan tersebut, Anda dapat memilih untuk tidak lagi menggunakan Layanan Kami, kelanjutan akses/penggunaan Anda atas Layanan Kami harus dianggap sebagai penerimaan dan persetujuan Anda pada perubahan tersebut. e. Dengan tetap mengacu kepada peraturan yang berlaku, dalam hal terdapat perubahan Kebijakan Privasi (apabila ada) ini, Kami akan memberitahukan kepada Anda dan akan berlaku 30 hari kerja sejak tanggal pemberitahuan dari Kami. |
VI. Informasi Kontak |
Anda dapat menghubungi ke: |
E-Mail: Layanan@awantunai.com dan/atau |
Pesan Whatsapp : 0811-8120-0122 |
terkait perihal berikut ini : |
a. Pertanyaan, pengaduan, komentar, dan permintaan mengenai ketentuan Kebijakan Privasi ini dan/atau Layanan yang diberikan oleh Perusahaan; dan |
b. Apabila terdapat permintaan perubahan, pembaharuan, pemutakhiran, penghapusan, dan pemusnahan Data Pribadi Anda. AwanTunai tidak mengenakan biaya apa pun kepada Pengguna atas pelayanan pengaduan. |
Terakhir diperbaharui pada 6 Desember 2023. |
AwanTunai is a technology-based peer to-peer lending service that is registered and supervised by the financial service Authority (“OJK”) which brings together Lender and Borrower directly through an electronic system using the internet. AwanTunai is committed to ensuring that your privacy is protected. By agreeing to this privacy policy, you acknowledge that you have carefully read, understood, and accepted the entire contents of this Privacy Policy. |
|
1. “You” with various linguistic variations and related expressions refer to the users of the Products and Services. |
2. “Affiliate “ is any company or other entity that is , directly or indirectly, controls, controlled by, is under common control with , or is under the same ownership as us. |
3. “Account” or “Your Account” means every account (in the form of a virtual account or other form) that we create for you or that you use to access, use and/or enjoy the Services. |
4. “Personal Data” or “Data” means the data about an individual that is identified or can be identified either separately or combine with other information, either directly or indirectly, through electronic or non-electronic systems. Personal Data includes data that you give to AwanTunai, data that recorded due to the use of the Services, or obtained from The Related Third Parties, including but not limited to full name, home address, business data such as but not limited to name, address, and business-related items, tax identification number (NPWP) and Electronic ID card number and photo, self-photo, home address and business address, phone number, biometric data, location data, financial and credit data, and other personal information. 5. “We” with various linguistic variations and related expressions refer to PT Simplefi Teknologi Indonesia (“AwanTunai”) and/or authorized representatives of AwanTunai. |
6. “Service” is the financial service of providing a platform by AwanTunai to connect Lender with Borrower in order to implement LPBBTI activities related to the distribution of loans to Borrower. |
7. “Call Center” is the customer service center function of AwanTunai that is available to you and can be reachable through telephone calls and/or email. |
8. “Loan” is a loan facility from Lender in accordance with the applicable terms and conditions that can be accessed or obtained within or through our Services, Applications, and/or Systems. |
9. “Lender ” are business entities or individuals who provide loans to Borrowers through AwanTunai. |
10. “Borrower” is a business entity or individual who has received a loan from the Lender through AwanTunai. |
11. “The Related Third Party” is one or more parties appointed by AwanTunai or those who have a collaboration with AwanTunai for the provision, operation, management, and/or other matters related to the provision of Services, including but not limited to credit bureau service providers, electronic signature providers, Electronic Know Your Customer (EKYC) service providers, debt collection services, and marketplace service providers and/or electronic trading, Debt collection service provider , credit scoring service providers, and anti-money laundering, terrorism financing and proliferation of destroyer mass weapon financing checks service providers. |
12. “On-Time Password’ or ‘OTP’ means a sequence of numbers, code, letters, and/or secret symbols (or a combination of a sequence of numbers, code, letters, and/or secret symbols) that we will inform to you for the security of access to and/or use of the Account. |
13. “Platform” is a site created, owned, and operated by AwanTunai, accessible at the URL www.awantunai.co.id , including any changes in the URL from time to time, which can stand alone or collaborate with Related Third Parties in providing Services which currently AwanTunai is collaborating with a marketplace provider, namely PT Awan Tunai Indonesia on its platform called AwanToko and AwanToko Pro. |
14. “System” means the entire system, devices (both hardware and software), networks, servers, connections (including internet connections), interconnections, infrastructure, as well as other devices, facilities, and infrastructure constructed, created, managed, and/or operated for the use and/or provision of Applications and Services. |
15. “The Privacy Policy” means this Privacy Policy along with any changes, additions, replacements, adjustments, and/or modifications made from time to time regarding policies related to your data/information, including Personal Data, which is an integral part inseparable from the Terms and Conditions. |
II. PERSONAL DATA PROVISIONS |
A. The use of Personal Data |
1. By using AwanTunai’s Services, you hereby acknowledge, provide consent, and agree that all of your Data provided to us, whether directly or indirectly, through the use of AwanTunai’s Platform or recorded within our Systems or through Related Third Parties. Therefore, you acknowledge and agree, provide consent, and authorize us (either independently or by appointing or collaborating with one or more other parties) to fully collect, use, manage, analyze, process, store, access, inform, disclose, share, and/or collaborate part or all of the Data to, including but not limited to Related Third Parties, Lender, Borrower, our Affiliates, the Joint Financing Fintech Association of Indonesia (“AFPI”), the Financial Services Authority (OJK), and other parties with whom we have cooperation or agreements, and to take actions regarding the Data, including but not limited to the purposes of: |
a. By using AwanTunai’s Services, you grant PT Awan Tunai Indonesia the rights as the owner of AwanToko and AwanTokoPro services to reveal your Data or information to AwanTunai. |
b. Providing, provision,development, updating, and/or enhancement of the Services and/or Platform. |
c. The use of Related Third Parties services with which AwanTunai collaborates in relation to the provision the Services. |
d. Assessment, analysis, verification, validation, or examination of (i) loan acquisition request or applications; (ii) the process or request for registration as a Borrower; and/or (iii) your profile. |
e. Performing risk assessment, statistical analysis, and trend planning, including implementing data processing, statistical analysis, credit, risk, anti-money laundering examination, and terrorism financing prevention, creating and managing credit assessment models, conducting credit examination and evaluation and any other background, and storing your credit history for current and future reference. |
f. Sending information that we consider useful for you, including, , among others, information about the Services and/or Platform, as well as information regarding System updates (or any part of it ), and/or. |
g. Contacting you regarding billing, complaints, grievances, and/or your question. |
h. Sending commercial marketing and non-marketing communications to you. |
i. Providing adequate information on the Platform to identify you to the Lender. |
j. Surveys, research, evaluation, and/or product or Service development by AwanTunai. |
k. In Connection with risk assessment to, request for approval to, and reporting on funding activities from Lender. |
l. Reporting Your loan status to AFPI’s Fintech Data Center, and OJK’s Fintech Lending Data Center (Pusdafil), or to the Financial Services Authority’s Financial Information Services System (“SLIK”) if Your Lender is a financial institution that is the SLIK reporting party; |
m. Implementing orders or policies of the government, regulatory bodies, or authorized agencies; and/or |
n. Other needs related to your use of the Services. |
2. You hereby declare, guarantee, and unequivocally and irrevocably acknowledge that the provision and submission of your Data to us, as mentioned in point 1 above , does not violate your rights or the rights of any individual or any party, including but not limited to your intellectual property rights or the rights of any other individual or party related to your personal information. |
3. Regarding the use of our Services, you are aware that upon the first use or during the use of our Platform, we have requested your consent to access your location. Therefore, based on this consent, you acknowledge that we may collect your location data both when you open or close the Platform, and Therefore, you also express your consent for your location data to be shared with Related Third Parties collaborating with us. |
4. In connection with the use of AwanTunai Services, according to applicable regulations AwanTunai can access Your camera, microphone and location with Your permission.
5. In connection with using AwanTunai’s Services, you may use services from other third parties who also collaborate with us as Related Third Parties. Therefore, you agree that the data and information you provide to these Related Third Parties are to be shared with AwanTunai for subsequent storage and processing by AwanTunai. |
6. Other than as described in point 1 above and other provisions in this Privacy Policy, AwanTunai may disclose your Personal Data if: |
a. required by applicable laws; |
b. there is an ongoing or forthcoming legal process; |
c. there are allegations of criminal activity, including but not limited to fraud, money laundering, and/or terrorism financing. |
d. required by authorized agencies or parties; and/or |
e. has received written consent from you. |
7. You pledge not to take any action that may prevent us from providing the aforementioned data. For that purpose, you hereby provide irrevocable consent and authorization, as long as you use our services, without requiring additional separate consent or authorization letters from you. |
8. If you provide incorrect and inaccurate Data, or if the Company suspects fraud, AwanTunai may record this in your credit history and share this information with the appropriate legal entities or authorized parties and/or fraud prevention agencies. |
B. Storage of Personal Data |
The storage of your Personal Data or other information by the Company is at least for 5 (five) years or for as long as necessary to protect the Company’s deemed interests, or if requested by applicable law. |
C. Security of Personal Data |
1. You will be required to authorize instructions using various types of security information (such as PIN, username, password) if necessary, as well as OTP that We and/or Related Third Parties send or that you have previously created in connection with the use of the Service. |
2. After authorizing, AwanTunai will execute the instructions according to your command, You are obliged to ensure that you do not disclose your security information to others. |
3. AwanTunai ensures the confidentiality and security of the personal information that you provide well-preserved. The use of your data will be in accordance with the applicable provisions. |
4. Despite the steps and preventive actions taken by AwanTunai, AwanTunai cannot provide full guarantees regarding the security of all kind of data transmitted to AwanTunai, where there may be other parties who gain access unlawfully and without permission to AwanTunai. AwanTunai will make every effort to prevent unauthorized access to Personal Data. |
D. Updating and/or Revising Personal Data |
1. You , as a user of our Services, when providing Personal Data for the first time, and in the future if any changes occur to this various of Data, you have the right to contact us to request updates to the data by us, so the data can be renewed and its accuracy guaranteed. |
2. Regarding the update of Personal Data, we may, at any time in the future, request reconfirmation of the relevance and accuracy of the Personal Data. Therefore, at that time, you are obligated to provide clear and accurate data updates (if any). |
E. Deletion/Destruction of Personal Data and Withdrawal of Storage Consent |
1. You can withdraw your consent for us to store your Personal Data, either entirely or partially and upon the withdrawal of this consent, we will delete/destroy your Personal Data from our storage systems and/or stop using that Personal Data. |
2. Besides based on the provisions in paragraph (1) above, your Personal Data may also be deleted/destroyed from our storage system if: a. Your Personal Data is no longer necessary and the deletion/destruction of such Personal Data is allowed by the applicable laws. |
b. You request us to delete/destroy your stored Personal Data in our storage system, either partially or entirely, by sending a written request to our contact; and/or |
c. Personal Data is obtained and/or processed unlawfully. |
3. The deletion/destruction of your Personal Data in our storage system or the withdrawal of your consent for us to store your Personal Data, will result in us being unable to: |
a. Proceed with your registration further, if you are a candidate Borrower or Lender in the registration process; and/or |
b. Process funding requests or request to fund (‘request’ ) that you, if we do not store your Personal Data, we will not be able to perform activities related to the processing your request, such as, among others; to receive funding from the Lender, fund the borrower, and assess your request; |
4. We reserve the right to reject the request for the deletion/destruction of your Personal Data, as referred in paragraph (1) above, either partially or entirely, if: |
a. Your request is irrelevant to the Personal Data stored by us, such as, among others, if you request Personal Data concerning another party for which you are not authorized to access. |
b. We are not authorized by the relevant authorities and/or applicable laws to implement your request; and/or |
c. There are still business relationships including but not limited to your loans that are still ongoing or have not been fully paid or you still have ongoing debt. |
5. Regarding the deletion/destruction and withdrawal of consent as referred to in this section, you hereby agree that you release us from any form of responsibility for all consequences arising from such deletion/destruction and withdrawal of that consent. |
III. STATEMENTS AND GUARANTEES OBLIGATION |
1. You may only access or use the Service and/or Platform in accordance with (a) the provisions of the Privacy Policy and the Terms and Conditions that can be accessed and viewed within the Platform, (b) for legal purposes in accordance with the law and regulations, and (c) not for fraudulent purposes, breach of law, criminal acts, or any other actions, activities, deeds, or any other purposes that violate the rights or interests of any party. You are fully responsible for verifying and ensuring that you have used the correct Platform. We are not responsible if you do not have a device compatible with the system or Platform, or in case there are disruptions in your device and/or telecommunication network. |
2. You are prohibited from using the Service, Platform, Account, and/or performing Transactions: (a) for purposes, actions, activities or acts that violate the law or infringe upon the rights or interests (including Intellectual Property Rights or privacy rights of any party); (b) containing material or elements that are harmful or detrimental to any party; (c) containing software viruses, worms, trojan horses, or other harmful computer codes, files, scripts, agents, or programs; and (d) that disrupt the integrity or performance of our systems and/or Platform.” |
3. You are prohibited from taking any action within or through the System, Platform, or Account, and prohibited from engaging in transactions that may damage or disrupt our reputation, Related Third Parties, Lender, Financing Fintech Association of Indonesia (AFPI), the Financial Services Authority (OJK). |
4. You hereby explicitly agree and declare, and guarantee that: |
a. The data, information and documents that you provide in connection with the use of the Company Services are original and do not contain any elements of forgery or fraud. For any falsification of documents, data or information or other criminal acts committed by you, the Company can take legal action including processing the action in question to the authorized parties; b. You are an individual who is legally capable of performing legal actions based on the laws of the Republic of Indonesia or an individual who is lawfully and authorizedly representing a legal entity and/or business, including binding yourself to this Privacy Policy. If you do not meet the terms of this policy, we reserve the right at any time to deactivate or terminate the use of the Account, Service, and/or Platform, either temporarily or permanently. |
c. In the event that you are a representative of a legal entity and/or business, by agreeing to this Privacy Policy, it automatically applies to the business entity and/or legal entity you represent. |
d. You have the right, authority, and capacity to use the Service and Account, and are obligated to implement with all the provisions of this Privacy Policy. |
e. If you register or download the Application on behalf of a legal entity or business, you hereby declare and guarantee that you have the legal capacity, right, and valid authorization to act for and on behalf of the legal entity or business entity, including but not limited to binding the legal entity or business entity to comply with all the provisions of this Privacy Policy.
|
f. You have read the entire contents of this Privacy Policy and have comprehended and understood all of its content. Hence, you voluntarily commit to abide by and implement with the entire Privacy Policy. |
g. You declare and guarantee that the funds used for the transactions are not derived from or used for criminal acts that prohibited by the applicable laws in the Republic of Indonesia, the transactions are not conducted with the intention to deceive, obscure, or avoid reporting to the Financial Transaction Reports and Analysis Centre (PPATK) based on the provisions of the applicable laws in the Republic of Indonesia and you are fully responsible and release AwanTunai from any demands ,claims, or damages of any kind if you engage in money laundering or terrorism funding criminal acts or other non-criminal acts based on the provisions of the prevailing laws and regulations in the Republic of Indonesia. |
h. Perform internal management to operate information control and management systems and implement internal audits or allow external audit execution; |
i. All Data that you have provided or mention or will mention or provide, whether directly or indirectly in the future or from time to time, is true, complete, accurate, up-to-date, not misleading, and does not infringe upon the rights (including but not limited to intellectual property rights) or the interests of any party. Your provision of Data to us, on or through our Platform and/or System, does not contravene applicable laws and does not violate acts, agreements, contracts, arrangements, or other documents to which you are a party or by which you or your assets are bound. |
j. The Service, Platform, and Account will be used for your own interests or for the interests of a legal entity, business entity, civil partnership, or any other party that you lawfully represent as mentioned in point c above; |
k. You will not grant rights, authority, and/or power in any form and under any circumstances to any other person or party to use Data, Account, OTP, password, and/or PIN, and under any circumstances and for any reason, you are prohibited from transferring the Account to any person or party and you must ensure that your access is done securely to prevent the theft of passwords, OTPs, Accounts, and/or PINs that you use to access services from Related Third Parties; and |
l. During or when using the Service, Platform, and/or Account, you agree to comply with and implement to all applicable laws, including the laws and regulations in your home country as well as in the country or city where you are present. Therefore, you are obliged to periodically read the Privacy Policy that we provide on the Platform. This Privacy Policy applies to you and to transactions or the use of Services by or through your Account, wherever you are, whether in the territory of the Republic of Indonesia or in the territory of any other country. |
IV. AWANTUNAI’S RELEASE OF LIABILITY |
You hereby release AwanTunai and/or Lender (including employees, directors, commissioners, shareholders, representatives, attorneys, agents, and/or affiliate companies of AwanTunai and Lender) from any demand for damages, expenses, fare, or costs arising from or in connection with: |
a. disputes with third parties related to Personal Data due to any reason or cause of the dispute; |
b. violation of rights or damage to any third party or any party, including Related Third Parties. |
c. sanctions, investigations or inquiries, examination, inspections, or audits, and any consequences of or related to breaches of law and/or regulations, government policies, and/or decisions of any court or arbitration as a result of or in connection with the Personal Data you provide. |
V. PRIVACY POLICY CHANGES |
a. We reserve the right to change, add, reduce, replace, adjust, and/or modify the Privacy Policy (either partially or entirely) with notification to you within the specified period by the applicable laws. Any changes, additions, reductions, replacements, adjustments, and/or modifications made from time to time to the Privacy Policy will be listed in Platform. |
b. We will notify you of the changes as mentioned in section (a) above through public announcements on the Platform or through specific notifications to your email address or your registered contact in our system. |
c. You agree that it is your responsibility to periodically review this Privacy Policy to stay informed about the latest information regarding this Privacy Policy through the Platform and/or via email and/or your registered contact in our system. Please periodically and regularly visit our Platform and keep your email and/or contact details active and correct and check your email and/or contact regularly to stay informed about our Privacy Policy from time to time. |
d. If you are not agree with such changes, you may choose to discontinue using our Services. The continuation of your access or use of our Services will be considered as your acceptance and consent to those changes. e. By still referring to applicable regulations, in the event that there are changes to this Privacy Policy (if any), We will notify You and it will take effect 30 working days from the date of notification from Us. |
VI. Contact Information |
You can contact us at: |
E-Mail: Layanan@awantunai.com and/or |
Whatsapp Message : 0811-8120-0122 |
Regarding the following matter: |
a. Questions, complaints, comments, and requests regarding the provisions of this Privacy Policy and/or the Services shared by the Company; and |
b. If there are requests for changes, updates, revisions, deletions, and destruction of your Personal Data. AwanTunai does not charge any fees to Users for complaint services. |
Last updated on December 6, 2023. |